Seperti Ini Olahan Tulang dan Daging Sapi Kurban Jadi Menu Khas Palu. Praktis untuk Hidangan Idul Adha

  • Bagikan
daging sapi kurban
Kaledo menu khas Palu. Foto ist

Siapa bilang membuat olahan makanan dari tulang dan daging sapi kurban itu susah? Di Kota Palu, Sulawesi Tengah terdapat satu jenis olahan untuk tulang dan daging sapi yang bisa kamu kreasikan dan tentunya disajikan dengan rasanya yang nikmat dan cara membuatnya yang mudah.

Tulang dan daging sapi kurban saat perayaan Idul Adha ini adalah menu wajib yang harus tersedia di atas meja makan, bukan? Namun, mungkin beberapa berpikir kalau membuat masakan dengan daging sapi tidak mudah untuk dibuat. Nah, berikut adalah olahan tulang dan daging sapi sederhana dan praktis yang bisa kamu coba.

Biasanya, masyarakat Kota Palu dan wilayah lainya di, Sulawesi Tengah menyantap Kaledo hanya saat perayaan pesta perkawinan dan keagaam seperti  Idul Adha saja, dan sebagai pelengkap disantap bersama burasa yakni beras yang dicampur dengan santan, lalu dibungkus dengan daun pisang kemudian di rebus.

Keistimewaan rasa Kaledo terletak dengan penggunaan asam jawa yang masih segar sehingga menghasilkan rasa asam pada kuahnya. Selain itu, untuk menambah citarasa gurih ditambahkan bumbu-bumbu pelengkap khas kota Palu.

Tak hanya itu saja, cara menikmati kuliner ini pun terbilang unik. Jika biasanya makanan lain disajikan bersama garpu atau pisau untuk menikmatinya, Kaledo justru dibantu dengan sumpit untuk menikmati

sumsum-sumsumnya yang maknyus tak kala diseruput. Dagingnya pun menempel dengan mesra pada tulang, sehingga saat dikunyah terasa begitu empuk dagingnya.

Jika Anda penasaran dengan citarasa hidangan ini, tak perlu repot untuk terbang jauh ke kota Palu. Mumpung stok daging dan tulang masih banyak di lemari pendingin, tak ada salahnya membuat masakan ini sendiri di rumah.

Bingung caranya seperti apa? Tenang, berikut resep cara membuat yang bisa dibagikan kepada anda tentang resep membuat Kaledo khas Palu yang menggetarkan lidah.

Bahan:

750 gr daging sandung lamur, potong-potong
500 gr tulang kaki sapi, potong-potong
5 bh asam jawa mentah, potong-potong
15 bh cabai rawit hijau
2 ltr air
2 sdm garam
3 sdm air jeruk nipis.

Cara membuat Daging Kurban:

1. Rebus daging dan kaki sapi dengan api kecil sampai daging empuk.
2. Masukkan garam, cabai rawit dan asam jawa, sambil membuang lemak yang terapung (agar lemak pada air rebusan berkurang).
3. Sajikan panas dengan taburan bawang goreng dan air jeruk nipis.

  • Bagikan
error: Content is protected !!