Ihktiar Vale Mentransformasi Sumber Daya Mineral Bagi Pertambangan Berkelanjutan

  • Bagikan

Pertambangan Berkelanjutan

Penggunaan sumber daya mineral telah menjadi kebutuhan dasar bagi keberlangsungan aktivitas manusia. Di era ini, Pertambangan di dunia menghadapi tantangan yang tak tertandingi.

Globalisasi beserta peningkatan kesadaran social dan lingkungan menjadi sumber tantanganya. Upaya penggunaan energi bersih menjadi tren seiring dengan ancaman krisis iklim mendorong produsen dan industri di tanah air ikut menggunakan teknologi ramah lingkungan dalam pengoperasian Pertambangan Berkelanjutan.

Industri pertambangan PT Vale Indonesia Tbk merupakan korporasi multi tambang Global terbesar di dunia yang diberikan mandat sebagian, untuk mengelola dan mengeksplorasi kekayaan strategis.

Dikelolah dengan cara bijak, PT Vale Indonesia, memaksimalkan potensi bangsa menjadikan sumber daya mineral menjadi sumber kebaikan yang selaras dengan agenda PBB Sustainable Development Goals (SDGs) atau tujuan pembangunan berkelanjutan.

Saat ini PT Vale Indonesia Tbk telah memasok kebutuhan Nikel Matte global sebesar 5 persen sejak 52 tahun beroperasi.

Pengelolaan komoditi tambang tersebut, PT Vale Indonesia selalu dibarengi dengan inovasi yang memanfaatkan teknologi terbaru, dengan tujuan untuk menciptakan peradaban yang lebih baik, dan lebih sejahterah.

Hal Ini juga mendorong PT Vale Indonesia terus meningkatkan beberapa standar kegiatan operasional dengan mengedepankan Good Mining Practice atau praktek Pertambangan Berkelanjutan.

Diantaranya menerapkan sistem manajemen lingkungan yang mengacu pada standar internasional, ISO 14001:2015, menjadi bagian inisiatif dari ekonomi, lingkungan dan social antara lain Indonesia Business Councill for Sustainable Development (IBCSD), Indonesia Global Compact Network (IGCN), Indonesia Business Link (IBL) dan Proper.

Konsumsi Listrik PT Vale Bersumber dari Energi Terbarukan

Untuk menekan bahan bakar fosil serta emisi karbon gas rumah kaca dalam pengoperasian Pertambangan Berkelanjutan, PT Vale Indonesia telah membangun tiga Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) dari tiga danau di Luwu Timur diantaranya danau Matano, Mahalona, dan Towuti, dengan total energi listrik sebesar 365 megawatt.

Pertambangan Berkelanjutan

Ketiga PLTA itu diantaranya Larona, Balambano dan Karebe. Sepanjang tahun 1979 sampai dengan 2011, PT Vale Indonesia telah membangun tiga PLTA yang berfungsi sebagai energi listrik untuk sistem pengoperasian tanur peleburan (Furnance) dan pengolahan bijih nikel (Proces Plant) di Sorowako.

Selain untuk konsumsi energi produksi nikel dan masyarakat sekitar wilayah operasi tambang, keberadaan tiga PLTA itu juga berfungsi sebagai bangunan pengendali banjir yang dirancang melalui sistem control pintu air sehingga debit air sungai tidak dapat meluap yang dapat memberi dampak pada area pertanian di wilayah hulu.

Saat ini energi listrik PT Vale Indonesia yang bersumber dari tiga PLTA itu, juga di distribusikan kepada masyarakat Luwu Timur melalui Perusahaan Listrik Negara (PLN) sebesar 10,7 megawatt.

Dukung Pertumbuhan Ekonomi Pedesaan

Tidak hanya itu, PT Vale Indonesia sadar betul akan terwujud sosial kepada masyarakat. Untuk itu, secara aktif PT Vale Indonesia juga memberikan kontribusi positif bagi pengembangan komunitas masyarakat di berbagai bidang seperti pendidikan, kesehatan, dan UMKM. Semua itu bertujuan untuk memandirikan masyarakat dalam jangka panjang.

Pertambangan Berkelanjutan 2

Selama lima dekade beroperasi, PT Vale Indonesia telah membawa perubahan besar pada kondisi masyarakat setempat. Diantaranya berupa kesempatan kerja, pembangunan infrastruktur public, seperti fasilitas kesehatan, pendidikan , transportasi, tempat wisata hingga menggerakan ekonomi masyarakat.

Semua itu dilakukan PT Vale Indonesia untuk menselaraskan dengan rencana kerja pembangunan pemerintah daerah dalam mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang mandiri diwilayah operasi pertambangan melalui pendekatan Program Terpadu Pengembangan Masyarakat (PTPM) demi memajukan pedesaan dalam satu kawasan.

Selain itu, PT Vale Indonesia juga sejak tahun 2018 lalu telah melakukan perubahan dengan melahirkan Program Pengembangan Kawasan Pedesaan Mandiri (PPKPM) sebagi bentuk berlanjutnya inovasi sebelumnya yang mengacu pada Peraturan Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertingal (Permen) No.5 tahun 2016 tentang pengembangan kawasan pedesaan.

Sebagai Penyokong Kegiatan Pascatambang

Sebagai perusahaan berbasis sumber daya alam, PT Vale Indonesia juga memiliki tanggung jawab terhadap lingkungan demi mendukung program Pertambangan Berkelanjutan, para anggota unit operasional penambangan sesuai dengan peraturan yang berlaku baik sejak perencanaan maupun pasca penambangan.

Pertambangan Berkelanjutan 3

PT Vale Indonesia sejak beroperasi telah menerapkan praktek pengembangan yang baik atau good mining practice yang diadopsi melalui
implementasi sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja secara konsisten dan berkesinambungan.

Hal ini sebagai bentuk upaya serius PT Vale Indonesia dalam mereduksi dampak-dampak dibidang lingkungan hidup dengan menerapkan kebijakan metode teknologi ramah lingkungan. Apalagi wilayah operasi PT Vale Indonesia jarakanya cukup dekat dengan dua danau yang menjadi sumber pertanian warga setempat, yakni Danau Matano dan Mahalona.

Sebagai penyokong kegiatan pascatambang, PT Vale Indonesia juga telah mendirikan kebun bibit modern Nursey yang berdiri diatas lahan seluas 2,5 hektar yang beroperasi sejak tahun 2016 silam.

Kebun modern Nursey sendiri telah memproduksi rata-rata 700 ribu bibit pertahun dengan berbagai tanaman endemik lainya, dan telah merehabilitasi lahan pascatambang kurang lebih 100 hektar.

Konservasi ini dilakukan sebagai bentuk komitmen perusahaan dalam mengelolah lahan pascatambang yang merujuk pada Peraturan Menteri ESDM Nomor 7 Tahun 2014 tentang reklamasi dan pascatambang.

Sebagai perusahaan tambang nikel yang terinetgrasi terhadap lingkungan, PT Vale Indonesia dianugerahi beberapa pengharaagn salah satunya adalah PROPER Hijau tentang program penilaian peringkat kinerja perusahaan dalam pengelolaan lingkungan, dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada tahun 2020 dan yang terbaru Good Mining Praktice award 2021 dari Kementrian ESDM.

Semua ihktiar ini merupakan bentuk komitmen PT Vale Indonesia Tbk terhadap pertambangan berkelanjutan demi mentransformasi kekayaan sumber daya mineral menjadi banyak elemen tak terpisahkan dari kehidupan dan kemakmuran seluruh lapisan masyarakat Indonesia yang berkelanjutan.

  • Sumber Data & Foto Milik PT Vale Indonesia Tbk
  • Bagikan
error: Content is protected !!