Dua Pemuda Gorontalo Lintasi 7 Negara Naik Sepeda ke Mekkah

  • Bagikan
naik-sepeda-ke-mekkah
Dok Foto Facebook Yanti Inggile

Andi Harvin Thalib (25) dan Chairul Maatini (26). Keduanya merupakan anggota remaja Masjid Darussalam Kelurahan Molosipat, Kota Gorontalo melakukan perjalanan panjang dengan mengendarai sepeda ke Mekkah,

Rencananya kedua pria itu akan Menunaikan ibadah haji dengan berbekal doa dan niat baik.

Mereka melakukan ekspedisi ‘Muslim Youth Journey’ dari keinginan mereka sendiri untuk naik haji dengan menggunakan sepeda. Keduanya mulai berangkat dari Kota Gorontalo pada Minggu 6 Juni 2021 dan saat ini telah berada diwilayah Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah.

Naik Sepeda ke Mekkah
Ist

Dikabarkan ekspedisi tersebut akan melintasi 7 Negara, diantaranya Malaysia, Singapore, Thailand, India, Pakistan, Iran dan Uni Emirat Arab.

Menurut Ketua Remaja Masjid Darussalam, Hermawan Prayogo Mozin, membeberkan jika persiapan kedua pria itu sudah dilakukan sejak setahun lalu, seperti dikutip dari Hargo.co.id, 6 Juni lalu.

“Artinya, persiapan sudah matang. Mereka juga sudah latihan fisik serta menyiapkan paspor yang akan mereka bawa. mereka juga mengumpulkan sponsor lokal untuk membantu keberangkatan mereka ke Mekah,” katanya.

Meski Pemrintah Indonesia membatalkan warga negaranya untuk ibadah haji musim Tahun 2021 ini, Hermawan Prayogo Mozin menjelaskan bahwa kedua rekanya itu menargetkan kedatangan di tanah suci Mekah musim haji 2022.

Sebelumnya diberitakan, Pemerintah Indonesia melalui Kementrian Agama telah memutuskan membatalkan pemberangkatan penyelenggaraan ibadah haji tahun 2021. Hal ini tertuang dalam Keputusan Menteri Agama Nomor 660 Tahun 2021 tentang pembatalan keberangkatan jemaah haji pada penyelenggaraan ibadah haji tahun 2021.

Alasanya adanya pertimbangannya keputusan itu diantaranya terkait aspek kesehatan dan upaya pemerintah untuk melindungi warganya melalui penanggulangan pandemi Covid-19.

  • Bagikan
error: Content is protected !!