Makanan Untuk Jualan Online di Masa Pandemi
Ditengah gempuran Pandemi Covid-19 saat ini, bukan halangan untuk membuka ide jualan makanan kekinian usaha khususnya makanan dan minuman. Justru bertumbuhnya teknologi di masa pandemi banyak orang yang membuka usaha kuliner untuk menambah penghasilan.
Membuka jualan online memang mudah, tetapi Anda tetap harus memikirkan sistem operasional bisnis supaya nantinya tidak kewalahan dalam melayani pesanan. Semuanya jadi lebih praktis dan bebas ribet dengan sistem terintegrasi yang mengurus segala kebutuhan bisnis online anda, mulai dari pemesanan hingga pencatatan keuangan.
Baca Juga : Mau Jadi Bloger, Tapi Budget Terbatas ! Berikut ini Daftar Penyedia Domain Google Gratis Buat Kamu
Tidak semua orang punya modal dan niat yang cukup untuk membuka bisnis sendiri, terutama usaha online. Ada banyak prosedur yang harus dilakukan sebelum akhirnya bisa membuka toko untuk berjualan. Oleh karena itu, banyak orang yang malah mengubur dalam-dalam impian untuk menjadi wirausahawan. Kabar baiknya, sekarang Anda pun bisa membuka bisnis sendiri dengan modal yang lebih sedikit dengan berjualan online.
Berapa jenis makanan berikut ini naik daun di tengah pandemi. Kamu yang hendak terjun ke dunia bisnis kuliner bisa mencoba mencicipi berjualan beberapa produk makanan yang sedang naik daun. Trilogi.co.id mencoba merangkum dari beberapa artikel “Tren Bisnis Kuliner di Masa Pandemi beserta cara jualanya”.
Baca Juga : Hai Sobat Blogger Mau Tahu Cara Mendapatkan Uang Dari Iklan Google !, Begini Caranya
Sistem ini sangat menjanjikan jadi, anda hanya perlu fokus memberikan pelayanan terbaik dan meningkatkan kualitas produk yang dijual. Tapi, sebelum memantapkan diri untuk memulai bisnis online, Anda harus mempertimbangkan produk apa yang akan dijual.
Tidak perlu bingung mencari ide makanan untuk jualan online, berikut ini daftar produk makanan dan minuman yang terbukti banyak dibeli orang secara online.
Dalgona coffee
Minuman ini populer dari Korea Selataan. Awalnya ditayangkan dalam program reality show, kemudian pada masa pandemi dibuat banyak orang karena waktu luang untuk bereksperimen.
Kopi ini sudah mulai dijajakan di beberapa kafe di Jakarta. Anlain seperti Soguk Cheese Tea, Tanjung Duren, Dessert By Dare, Kebon Jeruk, Jumpstart, Pondok Indah dan masih banyak lagi.
Dalgona coffee dibuat dengan memadukan kopi instan, gula, dan air panas. Kopi ini semakin naik daun ketika proses pembuatannya ramai diunggaj di jejaring media sosial seperti Twitter, Instagram, dan TikTok. Banyak orang yang ingin mencobanya tapi kadang tak berhasil membuatnya.
Kopi susu literan
Pandemi tidak membuat pencinta es kopi susu berhenti belanja minuman kegemaran mereka. Kini masyarakat tetap menyeruput es kopi susu gula aren kesukaannya meski mengandalkan ojek online.
Es kopi literan membuat konsumen hemat ongkos kirim. Kopi susu yang dikemas dalam botol literan ini sering diburu pecinta kopi yang tak bisa nongkrong di kafe. Kopi ini juga dapat dinikmati untuk beberapa hari ke depan atau dinikmati dengan keluarga.
Bus kafe
Bus kafe atau kafe di dalam bus dijalankan oleh sejumlah perusahaan otobus (PO) bekerja sama dengan kafe. Ngopi dalam bus dapat ditemukan di beberapa kota seperti Solo, Malang, Yogyakarta, Purwokerto, Gresik, dan Pekalongan.
Usaha ini ada sebagai upaya PO dan kage untuk bertahan di tengah pandemi Covid-19. Banyak PO yang menganggur karena PSBB sehingga mereka memutar otak dan melahirkan bisnis yang kreatif.
Di dalam bus disusun layaknya seperti kafe, ada tempat duduk, pelayan, dan makanan serta minuman yang ditawarkan. Bahkan beberapa bus kafe menghadirkan atraksi membuat kopi manual brewing dan teh tarik langsung di bus. Pengunjung juga akan dibawa keliling kota, sehingga pengunjung bisa merasakan penhalaman yang berbeda.
Dessert Box
Pada masa pandemi kini banyak orang punya hobi tambahan yaitu memasak. Dari memasak, tak sedikit yang merintis usaha kuliner. Salah satu sajian yang banyak diminati adalah dessert atau makanan manis.
Kamu bisa menjajakan dessert yang digemari masyarakat seperti tiramisu, Vanilla Panna Cotta, Dessert Box Chocolate Black Forest, Dessert Box Red Velvet Nougatine, Dessert Box Dalgona Strawberry dan masih banyak lagi.
Frozen food atau makanan beku
Seolah mendukung gaya hidup yang serba ringkas di era modern, bisnis frozen food melaju dengan pesat. Mereka yang berbisnis di frozen food pada masa pandemi mengaku mengalami peningkatan penjualan.
Sistem yang digunakan ada pegusaha ke pengusaha (reseller) atau menjual langsung ke konsumen. Selain dimsum, berbagai jajanan pun peminatnya banyak. Seperti batagor, basreng, cuanki instan, dan pempek.
Sei sapi khas NTT
Makanan khas Nusa Tenggara Timur ini juga bisa membuat peluang usaha kulinermu. Sei adalah sajian daging sapi yang diolah dengan cara diasap. Tekstur daging padat dan empuk, cocok disantap dengan tumisan daun singkong dan pepaya serta sambal luat.
Sei sudah menjadi tren sejak tahun lalu, saat ini malah semakin banyak kedai yang menjajakan sei sapi mulai merintis usahanya. Kedai sei sapi tersebut bukan hanya menjajakan sei yang bisa dimakan di tempat, tapi juga dalam bentuk frozen food.
Salmon mentai
Kini ada makanan khas Jepang lainnya yang digandrungi masyarakat Indonesia bernama mentai. Mentai atau mentaiko memiliki beberapa ciri khas seperti berlapis tobiko, dan ditaburi racikan mayonaise khas Jepang. Racikan inilah yang kerap disebut saus mentai.
PSBB membuat pebisnis mulai menjual salmon mentai. Salmon mentai ala rumahan ini dijual karena melihat masyarakat yang ingin menikmati sajian asal Jepang ini tapi enggan keluar rumah.
Peach gum
Minuman manis dari getah pohon persik ini justru semakin banyak peminat pada masa pandemi virus corona. Baca juga: Jualan Peach Gum, Peluang Usaha Saat Pandemi Virus Corona Trend peach gum di Indonesia dimulai sejak setahun belakangan ini dan makin merebak sejak pandemi Covid-19.
Sajian ini bisa diklaim banyak peminatnya karena rasanya yang manis alami, menyegarkan lalu banyak khasiat untuk kesehatan. Peach gum memiliki manfaat seperti memperkuat imun tubuh, menurunkan kolestrol, dan mengurangi diabetes. Peach gum memiliki rasa yang manis alami dan teksturnya kenyal serta lembut, bahan ini bisa diolah menjadi dessert dan hidangan utama seperti Herbal Chicken Soup.
Choipan
Layanan jasa titip atau jastip aneka jajanan Jakarta telah viral di sosial media sejak beberapa waktu lalu. Para pelaku jastip ini biasanya menawarkan untuk mengantar jajanan seperti Roti Srikaya TetFai, Dimsum Arsyif, Bakwan Pontianak, dan Tomaples Donut.
Ada juga Suisse Bakery, Stumpy Coffee, Kopi Tuku, Asinan H. Asymuni, Choipan Manie, Agus Robaba, dan masih banyak lagi. Dari sekian banyak pilihan jajanan tersebut, ternyata Choipan Manie khas Pontianak dan Agus Robaba jadi dua yang paling sering dipesan oleh para pelanggan jastip. Sajian ini bisa membuka peluang bisnis kulinermu.
Korean garlic bread
Sama seperti dalgona, Korean garlic bread adalah makanan yang berasal dari Korea selatan dan hasil kreasi masyarakat setempat di masa pandemi. Cream cheese garlic bread dapat ditemukan di penjaja street food di Korea Selatan, seperti terlihat pada akun Youtuber Korea, FoodyTrip. Ia mendapatkan jajanan tersebut di area Gangnam Station, Seoul.
Proses pembuatan puluhan roti krim keju tersebut juga tampak pada video tersebut. Roti bulat dibelah bagian atasnya menjadi 6, diisi krim keju, dicelupkan ke dalam campuran bawang putih dan mentega cair, kemudian dipanggang.
Bumbu jadi
Bumbu jadi bisa menjadi salah satu peluang bisnismu pada masa pandemi. Masyarakat akan memilih berhemat tenaga dan waktu memasak dengan cara membuat stok bumbu dasar.
Pasalnya, hampir setiap masakan Indonesia biasanya menggunakan bumbu dasar yang sama sehingga akan mempermudah ketika harus memasak. Adanya PSBB membuat masyarakat lebih memilih menyetok bumbu jadi di rumah.
Layanan cloud kitchen
Cloud kitchen atau disebut juga ghost kitchen kian berkembang di tengah pandemi virus corona saat ini. Pengertian dari cloud kitchen adalah dapur yang ditujukan untuk membuat makan yang akan dijual melalui layanan pesan antar saja.
Dapur bisa memproduksi makanan dari satu sampai beberapa merek restoran, disesuaikan dengan kebutuhan. Cloud kitchen juga bisa menjadi solusi bagi pemilik restoran offline. Sebab banyak biaya yang akan terpotong mulai dari sewa tempat, tidak perlu membayar gaji karyawan, biaya listrik dan lain-lain.
Rajin Promosi di Media Sosial
Hadirnya teknologi memiliki pengaruh besar dalam kehidupan sehari-hari manusia. Hampir dapat dipastikan setiap orang kini juga telah bergantung dengan teknologi informasi.
Pasalnya, setiap hari kita memerlukan teknologi ini untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Salah satu perkembangan teknologi informasi yang sangat membantu dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari ialah media sosial.
Media sosial kita ketahui kini telah berkembang dengan pesat. Berbagai macam fitur dan aplikasi seperti Instagram, Twitter, dan Facebook, kini telah tersedia di smartphone. Selain bisa digunakan untuk mengunggah foto menarik dan mencurahkan isi hati penggunanya, media sosial juga bisa dimanfaatkan untuk promosi bisnis atau usaha.
Salah satu media sosial yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk mempromosikan bisnis kuliner adalah Instagram. Seperti dikutip dari statistika.com, pengguna Instagram di Indonesia telah mencapai lebih dari 61 juta orang. Hal ini menandakan bahwa 22,6 persen masyarakat Indonesia aktif menggunakan Instagram.
Saat ini, ada beberapa pilihan untuk iklan melalui media sosial, salah satunya mempromosikan melalui layanan iklan berbayar di Instagram. Selain melalui iklan resmi, Anda juga dapat meminta bantuan untuk mempromosikan kepada akun-akun yang memiliki jumlah followers banyak. Cara jual makanan online satu ini dianggap paling efektif untuk memperkenalkan usaha Anda terhadap konsumen.
Memberikan Layanan Pembayaran yang Beragam
Cara jual makanan online berikutnya adalah memberikan fasilitas atau layanan pembayaran yang beragam. Dilansir dari laman Bisnis UKM, untuk memudahkan konsumen saat ingin membeli usaha makanan Anda. Saat ini, telah tersedia beragam cara pembayaran online yang disukai konsumen, seperti transfer bank atau melalui platform e-money.
Tak hanya memudahkan konsumen saat membeli makanan, adanya pilihan pembayaran yang beragam juga dianggap mampu menarik konsumen. Tentunya, metode pembayaran tersebut harus dipastikan aman, sehingga konsumen tidak takut saat ingin melakukan pembayaran.
Memberikan Diskon
Memberikan diskon menjadi salah satu cara jual makanan online yang dianggap menguntungkan. Pasalnya, memberikan diskon pada waktu-waktu tertentu bisa menarik konsumen untuk membeli produk makanan yang dimiliki. Adapun presentase diskon juga harus disesuaikan dengan harga pokok, sebaiknya tidak terlalu sedikit atau terlalu banyak.
Mengadakan Event Berhadiah
Cara jual makanan online berikutnya yaitu mengadakan event berhadiah. Hampir bisa dipastikan setiap konsumen menyukai hadiah, begitu juga dengan pengguna internet. Dengan mengadakan event berhadiah secara rutin, hal ini dipercaya mampu menarik minat konsumen untuk membeli produk makanan yang dimiliki.
Memberikan Penawaran Gratis Ongkos Kirim
Memberikan penawaran gratis ongkos kirim juga dianggap mampu menarik minat para konsumen. Gratis ongkos kirim dipercaya dapat menghemat pengeluaran saat melakukan pembelian secara online. Program ini bisa dilakukan dengan memberikan syarat tertentu pada konsumen, sehingga hal ini bisa menguntungkan kedua belah pihak.