Dinas PU Sigi Pulihkan Jembatan Pombewe Yang Ambruk Akibat Banjir

  • Bagikan
Jembatan Pombewe Yang Ambruk

Pengananan darurat Jembatan Pombewe Yang Ambruk penghubung Kecamatan Sigi Biromaru di Desa Pombewe, Kabupaten Sigi, yang diterjang banjir pada Selasa, 24 Agustus 2021 lalu sudah bisa dilalui kendaraan. Pemerintah Kabupaten Sigi menggerakkan satu unit alat berat untuk membersihkan dan membangun jembatan darurat.

Ha itu ditegaskan oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan, Kabupaten Sigi, Henri Kusuma Rombe, melalui Kabid Jalan dan Jembatan, Eddy, mengungkapkan, pihaknya telah melakukan penanganan darurat dilokasi jembatan ambruk untuk memulihkan kembali dengan cara membangun jembatan darurat, sembari direncanakan untuk pembangunan secara permanen.

Baca Juga : Jembatan Pombewe, Pulihkan Konektivitas Lintas Biromaru – Palolo dan Akses Huntap

“Dalam rangka percepatan pelayanan jalan, segera dibuat jembatan darurat dalam hal ini pemasangan Bailey sambil di planingkan penanganan permanen” tulis Eddy, kepada Trilogi.

Eddy menghimbau akibat dampak kerusakan pada jembatan Pombewe yang ambruk itu, pengendara diminta bisa melewati lima ruas jalan yang dibangun oleh Provinsi dan Kabupaten sebagai alternative yang dapat dilalui oleh pengendara.

“Nanti untuk jalan ada 5 ruas yang vital. Ex gempa 1, jalan Provinsi SMA Biromaru, Jalan Provinsi Jono, akses Torabelo, Sidera, Potoya dan akses Torabelo Dolo via Tulo” bebernya.

Baca Juga : DUKUNG PRODUKTIVITAS EKONOMI, PEMKAB SIGI BENAHI JALAN DIBEBERAPA WILAYAH

Sebelumnya Wakil Bupati Sigi, Samuel Yansen Pongi yang turut hadir lokasi jembatan yang ambruk tersebut menyampaikan telah melakukan kordinasi dengan dinas terkait agar segera melakukan pembersihan dan penanganan darurat sehingga arus lalulintas kembali normal.

“Kita bangun jembatan darurat untuk memudahkan akses masyarakat dan juga ASN yang akan berangkat ke kantor di Desa Bora,” ungkapnya.

Baca Juga : Kontrak Ditandatangani, Proyek Rehabilitasi Bendung Gumbasa dan Kontruksi Groundsill di Sigi Segera Dimulai

Jembatan yang menghubungkan Desa Pombewe Kecamatan Sigi Biromaru ke Desa Sidera dan Desa Oloboju, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi, sempat terputus.

Runtuhnya jembatan penghubung tersebut diakibatkan oleh curah hujan tinggi, serta derasnya air sungai sehingga menggerus tanah di sekitar jembatan, pada Rabu 25 Juli 2021 lalu.

Sehingga akses jalan yang menuju Desa Oloboju dan Desa Sidera terhambat. Meski demikian kendaraan dapat melalui akses jalan lain yakni melalui Desa Jono Oge, Kecamatan Sigi Biromaru.

  • Bagikan
error: Content is protected !!