JALAN PEJAL MENUJU MODERN

  • Bagikan

JALAN MULUS MILIK JAYA BERSAMA MAKMUR

PT Jaya Bersama Makmur (JBM) telah lama menggeluti dunia kontruksi jalan dan jembatan diwilayah Provinsi Sulawesi Tengah. Setelah diguyur 28 Miliar delapan bulan lalu, perusahaan kontruksi besar ini, keluar sebagai pemenang dan dianggap mampu untuk menggarap proyek jumbo itu.

Meski terlambat dari rencana, jalan-jalan raya kawasan dalam Kota Poso, telah ditunggu hasilnya. Tak kurang dari sembilan kilometer yang terbagi dibeberapa ruas dalam Kota Poso mulai dirasakan masyarakat. Ini merupakan hasil usaha pihak PT JBM untuk menekan angka kecelakaan dijalan raya, akibat kondisi jalan yang dianggap tidak maksimal.

Proyek itu Peningkatan dan Peleberan Jalan dalam Kota Poso, senilai Rp28.987.309.000, TA 2018 lalu, yang digarap oleh PT JBM dan kini telah rampung dan siap dioperasikan. Kini ruas jalan dalam Kota Poso sudah lebar dan terlihat mulus.

Direktur Utama PT JBM, Darmawan Lyanto, mengatakan konstruksi jalan dalam kota Poso hingga awal bulan februari ini, sudah rampung dikerjakan, dan saat ini masih dalam tahap proses finishing dilapangan. “Konstruksi jalan saat ini progresnya sudah 98 persen dan mendekati 100 persen,” katanya kepada trilogi.co.id belum lama ini.

Pembangunan konstruksi jalan yang akan rampung 100% nantinya, ketika itu segera akan diproses serah terima pekerjaan atau Provisional Hand Over (PHO) kepada pihak Dinas PU BMPR Kabupaten Poso. Sebelumnya, kata Darma, sebagai kelengkapan berkas PHO nanti, pihak management PT JBM bersedia proyek yang ditanganinya itu untuk dilakukan uji maksimum beban untuk mendapatkan sertifikat laik fungsi jalan ini.

“Pengecekan tersebut dilakukan guna memastikan kekuatan konstruksi, kelayakan fungsi konstruksi jalan, serta memberikan keyakinan kepada masyarakat bahwa jalan ini laik fungsi saat beroperasi,” bebernya.

Selain melakukan uji coba beban maksimum, PT JBM juga telah melakukan uji kelaikan dari sisi pengaspalan, marka, serta uji kekesatan dan kerataan jalan. Darma, menambahkan bahwa proyek Jalan dalam kota Poso, yang ditanganinya itu, memenuhi semua seluruh persyaratan untuk mendaptkan surat laik operasi. Oleh karena itu, dirinya berharap, jalan kota Poso dapat segera di operasikan dan dinikmati oleh masyarakat, khususnya masyarakat Kabupaten Poso.

“Dengan segera beroperasinya Jalan dalam Kota Poso, dapat membantu Pemerintah Poso untuk membangun infrastruktur dan menyelesaikan kepadatan di jalan kawasan kota,” harap Darma.

Secara keseluruhan, Jalan dalam kota di Kabupaten Poso yang mendapat anggaran sebanyak Rp28.987.309.000, pada awal tahun 2018 lalu, mencapai Sembilan kilometer. Proyek peningkatan dan pelebaran jalan dalam Kota Poso itu, digarap oleh perusahaan kontraktor PT Jaya Bersama Makmur.

Sebagian warga dan pengguna Jalan kota di Kabupaten Poso, sangat mengapresiasi pembangunan jalan yang kini mulus di beberapa ruas jalan di Kota Poso. Meski sempat menuai kritikan dan keluhan warga terkait kondisi beberapa ruas jalan yang rusak dan memprihatinkan. Ternyata, masih terdapat ruas jalan yang kondisi nya menjadi lebih baik, dikarenakan perbaikan yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Poso sebagai bentuk perhatiannya terhadap infrastruktur jalan dalam rangka meningkatkan konektivitas antar daerah dalam kota.

Apresiasi terkait kondisi jalan yang kian membaik disampaikan oleh Ruli, salah seorang warga Kelurahan Kayamanya yang bercerita kepada trilogi.co.id belum lama ini. “Alhamdulillah, sekarang jalan didepan rumah saya sudah bagus dan mulus setelah diperbaiki beberapa waktu lalu. Dulu jalan depan rumah saya ini banyak sekali lubangnya, terus kalau hari pasang atau hujan, airnya menggenang di jalan ini. Kalau hari panas, kadang berdebu. Sekarang kondisinya jalanya sudah baik dan lebar,” ucap Ruli.

Penulis : Wahyudi / Trilogi.co.id

  • Bagikan
error: Content is protected !!