IRWAN – SAMUEL MELENGGANG PIMPIN SIGI, SETELAH MK TUTUP GUGATAN HUSEN – PAULINA

  • Bagikan

Mahkamah Konstitusi (MK) resmi menutup perkara gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan (PHP) yang diajukan tim advokasi pasangan calon Bupati Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Husen dan Paulina, Kamis 28 Januari 2021 kemarin.

Dalam sidang yang disiarkan melalui kanal Youtube MK, Majelus Hakim Panel 3 dengan Hakim Konstitusi Arief Hidayat, Saldi Isra dan Manahan MP Sitompul mempertanyakan kepada tim advokasi pemohon Husen – Paulina terkait permohonan pencabutan perkara PHP Bupati Sigi Tahun 2020, APP Nomor 115/PAN.MK/AP3/12/2020 dan Register Nomor 112/PHP.BUP-XIX/2021.

“Terus kalau permohonan online ini dicabut, berarti tidak ada permohonan sudah?. Berarti tidak mau melanjutkan permohonan ini, begitu?. Tanya Arief Hidayat, kepada tim advokasi pemohon.

Atas pertanyaan dari majelis hakim konstitusi panel III itu, tim advokasi pasangan nomor urut 02 Husen Habibu – Paulina, membenarkan hal tersebut dan meminta agar dikabulkan.

“Benar yang mulia, Penarikan permohonan tersebut benar yang mulia meminta agar permohonan tersebut dicabut,” jawabnya.

Menurutnya tim kuasa pemohon dalam persidangan tersebut, meminta kepada majelis hakim konstitusi agar permohonan pasangan nomor urut 02 Husen Habibu dan Paulina dinyatakan dicabut.

“Jadi termohon dicatat ya, jadi permohonan ini dicabut kemudian pihak terkait mendengarkan permohonan ini dicabut. Jadi tidak perlu lagi disampaikan di persidangn, “ tutup Arief Hidayat, majelis hakim konstitusi panel 3.

Atas jawaban itu, hakim pun menilai tidak ada lagi yang perlu disampaikan MK dan akan menyikapi permohonan tersebut yang dituangkan dalam bentuk putusan resmi.

Setelah menyikapi hasil persidangan Perselisihan Hasil Pemilihan (PHP) yang diajukan tim advokasi pemohon pasangan nomor urut 02 Husen Habibu dan Paulina di gedung MK, sudah dapat dipastikan pasangan termohon nomor urut 01 Muhammad Irwan – Samuel Yansen Pongi, melenggang untuk menduduki jabatan Bupati dan Wakil Bupati Sigi untuk periode 2021 -2025.

  • Bagikan
error: Content is protected !!