Ternyata Inilah daftar saham untuk investasi jangka panjang di Indonesia

  • Bagikan
daftar saham untuk investasi jangka panjang
Ilustrasi

Daftar saham untuk investasi jangka panjang yang terbaik di Indonesia adalah saham blue chip. Saham blue chip adalah kategori saham yang paling cocok untuk investasi pemula. Saham tersebut dinilai banyak pihak memiliki pondasi sehat secara finansial serta fundamental. Apa saja saham blue chip yang lagi trend di Tahun ini ?

Bagi semua orang, tren untuk berinvestasi sudah semakin digemari oleh banyak kalangan mulai dari anak muda hingga orang dewasa, pengusaha hingga wiraswasta memilih untuk melakukan investasi di berbagai daftar saham blue chip.

Baca Juga : Inilah Daftar Lengkap Produk Makanan Untuk Jualan Online di Masa Pandemi & Cara Jualanya

Jika berbicara mengenai investasi, kurang lengkap rasanya jika tidak membahas tentang saham. Sebelumnya, investasi saham tidak se-hits seperti saat ini karena banyak masyarakat awam yang berasumsi bahwa saham memiliki risiko yang sangat tinggi dan harus membutuhkan banyak uang untuk membeli satu lotnya.

Dalam dunia saham, dikenal istilah saham blue chip. Melansir dari mas-software.com, belakangan, saham blue chip banyak diminati tak hanya oleh investor tapi para pemula pun turut berinvestasi di saham blue chip.

Mengapa demikian? Ternyata saham blue chip banyak memberikan banyak keuntungan. Apakah kamu sudah memiliki saham blue chip di portofolio investasimu? Agar kamu menjadi lebih tahu mengenai saham blue chip, simak penjelasan berikut ini !

Pengertian Saham Blue Chip

Saham blue chip adalah saham perusahaan memiliki pondasi baik dan sehat secara finansial serta fundamental. Saham blue chip sendiri adalah saham perusahaan yang biasanya memiliki kapitalisasi pasar yang besar, reputasi yang sangat baik, dan kesuksesan bertahun-tahun di dunia bisnis.

Karena berasa dari perusahaan yang memiliki reputasi saham blue chip tetap bisa menguntungkan dalam berbagai situasi ekonomi baik dengan keadaan baik maupun buruk.

Karakteristik Saham Blue Chip

Saham blue chip memiliki beberapa karakteristik, diantaranya
• Perusahaan sudah go public dengan kondisi finansial yang sehat dan stabil.
• Memiliki laporan keuangan yang diterbitkan secara konsisten, baik dalam kondisi ekonomi perusahaan sedang baik maupun buruk.
• Kapitalisasi pasar besar dan merupakan milik perusahaan penguasa atau pemimpin di sektor atau industri masing-masing.
• Ramai diperdagangkan di bursa saham.

Daftar Saham Blue Chip di Indonesia

Setelah mengetahui pengertian dan karakteristik dari saham blue chip, berikut beberapa daftar saham yang bisa menjadi pilihan untukmu berinvestasi.

BCA (BBCA)

Sebagai salah satu bank swasta terbesar di Indonesia, saham Bank BCA bisa dikategorikan sebagai saham blue chip. Ya, bank satu ini memiliki nasabah yang sangat banyak dan jaringan yang luas baik nasional maupun internasional.

Pengelolaan yang baik, efektif dan efisien menjadikan saham BCA memiliki tingkat ROI paling tinggi jika dibandingkan dengan bank lain. Terakhir, reputasi dan fundamental yang baik serta kokoh lah yang membuat saham BCA termasuk dalam daftar saham blue chip yang sangat layak untuk dibeli.

Unilever (UNVR)

Unilever merupakan salah satu perusahaan FMCG terbesar di Indonesia yang terkenal dengan produk sehari-hari. Dengan didukung oleh jaringan internasional dari perusahaan, Unilever bisa dibilang salah satu saham yang layak dibeli.

Bahkan, saham Unilever diketahui tidak memiliki hutang. Mengapa demikian? Hal ini disebabkan oleh tingkat pendapatan yang sudah sangat tinggi. Itulah sebabnya mengapa saham Unilever tergolong saham blue chip yang memiliki fundamental baik dan cocok untuk dijadikan sebagai pilihan untuk berinvestasi

Telkom Indonesia (TLKM)

Perusahaan satu ini sangat erat dengan keseharian kita. Ya, Telekomunikasi Indonesia atau Telkom adalah perusahaan telekomunikasi yang masuk ke dalam daftar saham blue chip. Konsistensi tinggi dalam memperoleh laba adalah faktor utama yang menjadikan saham TLKM sebagai salah satu saham blue chip.

Selain itu, Telkom merupakan perusahaan terbesar di bidang telekomunikasi di Indonesia. Maka, tak heran jika saham Telkom menjadi favorit bagi para investor.

BRI (BBRI)

Saham blue chip lain yang memiliki banyak peminat kembali berada pada sektor perbankan. Ya, Bank BRI dikenal dengan performa yang baik dan aktif dalam perdagangan saham. Saham BBRI disinyalir punya kapitalisasi pasar dan jumlah saham beredar yang sangat besar.

Faktor utama yang mempengaruhi kinerja saham BRI adalah komitmen dan konsistensi dalam mengembangkan UMKM dengan memberikan kredit Fundamental saham BRI sangat baik dan konsisten sehingga layak dikategorikan sebagai saham blue chip.

PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP)

Perusahaan satu ini dikenal dengan produk mie instan legendarisnya. Ya, Indofood adalah perusahaan asal produk Indomie bisa beredar di pasaran. Saham perusahaan ini tergolong saham blue chip karena mapan secara keuangan dan memiliki fundamental baik.

Selain itu, pertumbuhan penghasilan perusahaan terus tumbuh secara konsisten dari tahun ke tahun. Saham ICBP menjadi salah satu saham blue chip yang aman sebagai pilihan investasi untuk pemula karena memiliki pertumbuhan dan nama baik perusahaan yang sudah dikenal sejak dulu. Jadi, untuk investasi jangka panjang saham ICBP menjadi salah satu pilihan terbaik.

Keuntungan Membeli Saham Blue Chip

Saham blue chip dari perusahaan yang dikenal dengan reputasi baik dan sehat secara finansial memang menjadi daya tarik utama. Mengapa demikian? Berikut beberapa hal yang dapat menjadi pertimbangan untuk memilih saham blue chip sebagai pilihan berinvestasi.

Kredibilitas Perusahaan

Investasi saham dikenal dengan investasi yang memiliki risiko. Logikanya, setiap orang yang berinvestasi di dunia saham menginginkan keuntungan yang tinggi. Namun, ternyata dalam berinvestasi saham beberapa orang tidak ingin memiliki saham yang berisiko tinggi.
Dengan kredibilitas dan kemampuan perusahaan menghadapi pasar, saham blue chip dikenal dapat meminimalisasi risiko seperti harga yang terjun bebas, atau bahkan pailit.

Investasi Jangka Panjang

Banyak orang tidak begitu menyukai saham blue chip karena keuntungan yang sedikit. Selain itu, harga beli saham blue chip cukup tinggi, sehingga kemungkinan harganya naik tinggi dalam waktu singkat akan sangat kecil. Namun, saham ini justru cocok untuk investor yang ingin memiliki investasi jangka panjang.

Pembagian Dividen yang Rutin

Jika kamu berinvestasi pada saham blue chip untuk waktu yang lama, ada beberapa keuntungan lebih yang dapat kamu rasakan. Ya, perusahaan-perusahaan saham jenis blue chip tersebut memberikan dividen yang rutin dan pasti.

Hal tersebut dikarenakan pengelolaan perusahaan yang baik sehingga dapat selalu memberikan keuntungan dalam bentuk dividen untuk setiap investornya.

Kesimpulan

Saham blue chip adalah saham perusahaan yang memiliki pondasi baik dan sehat secara finansial serta fundamental. Beberapa diantaranya adalah saham BBCA, BBRI, TLKM, UNVR, dan ICBP.

Tak bisa dipungkiri perusahaan tersebut adalah perusahaan yang baik secara pengelolaan dan pencatatan keuangan. Dalam melakukan kegiatan tersebut, tentu mereka menggunakan software atau aplikasi pendukung yang sudah terintegrasi dengan teknologi.

Salah satu aplikasi atau software, MASERP, dapat menjadi pilihan dalam melakukan pencatatan transaksi keuangan perusahaan. Hadir sebagai accounting software dalam mencatat transaksi keuangan perusahaan,

MASERP sudah didukung dengan standar keuangan Multi Currency, Multi Warehouse, dan E-Faktur. Dengan menggunakan MASERP, perusahaan milikmu dapat melakukan kustomisasi sesuai dengan kebutuhan bisnismu.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan untuk menghubungi kami dan melakukan konsultasi secara gratis!

  • Bagikan
error: Content is protected !!