DESA SIBALAGO SIAP JADI SENTRA DURIAN MONTONG

  • Bagikan

Parimout – Pemerintah Desa Sibalago, Kecamatan Toribulu, Kabupaten Parigi Moutong, berencana mengembangkan durian di kawasan itu dalam rangka pemberdayaan masyarakat.

Sekretaris Desa Sibalago, Kecamatan Toribulu, I Gede Widana

Sekretaris Desa Sibalago I Gede Widana, mengatakan Pemerintah Desa Sibalago telah mengalokasikan anggaran Dana Desa (DD) tahap III TA 2018 untuk mengadakan pembagian bibit durian montong bagi masyarakat.

Masyarakat, kata I Gede Widana, telah diberi pengetahuan mulai dari menyiapkan lahan, menanam, dan merawat.

“Pengadaan bibit durian Montong itu sebesar Rp.174 juta Dana Desa (DD) 2018 Tahap ke 3. Pemerintah berharap nantinya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, walaupun membutuhkan waktu sangat panjang, serta Kedepannya Desa Sibalago menjadi Desa wisata durian yang produktif namun buahnya juga berkualitas,” katanya.

I Gede Widana mengungkapkan pemerintah desa Sibalago telah rapat bersama Badan Permusyawaratan Desa (BPD). Dalam rapat itu muncul kesepakatran membuat kawasan unggulan sentra durian di desa Sibalago ini untuk menggantikan produk yang  sempat menjadi salah satu Unggulan masyarakat  yakni Coklat yang sekarang sudah berumur 30 sampai 40  Tahun.

“Pengadaan Bibit Durian di Tahap ke 3 ini diperuntukan bagi semua kelompok Tani dan masyarakat dibagi secara merata, setiap KK mendapatkan 30 bibit pohon durian,” bebernya.

Bibit durian yang dibagikan ini berjenis durian Montong. Penyaluran bibit tanaman durian pada warga bersumber dari dana desa untuk  sejumlah masyarakat yang tergabung dalam kelompok tani. “Bantuan bibit durian dibagikan pada warga dengan sasaran rumah tangga miskin.”

I Gede Widana mengatakan Pemerintah Desa Sibalago mengatakan selain durian, masyarakat juga didorog mengoptimalkan potensi lokal, mulai dari pangan lokal hingga kawasan agrowisata sentra durian kedepan.

Penuli : Ditha B Pasiak
Editor   : Wahyudi / Trilogi.co.id

  • Bagikan
error: Content is protected !!