Viral Kedatangan TKA Cina di Morowali

  • Bagikan
Viral Kedatangan TKA Cina di Morowali
Viral Kedatangan TKA Cina di Morowali. Foto Beritamorut

Kedatangan ratusan Tenaga Kerja Asing (TKA) ke Perusahaan tambang Nikel di Kabupaten Morowali Utara (Morut), Provinsi Sulawesi Tengah menjadi Viral pembahasan di beberapa media Nasional maupun lokal.

Diketahui pada Tanggal 1 Mei 2021 lalu, Warga Negara Asing (WNA) asal Thiongkok itu tiba di bandara Maleo Morowali dengan menggunakan empat Pesawat carteran.
Berdasarkan informasi yang diperoleh, ada sebanyak 352 orang TKA yang dibagi menjadi, lima kloter penerbangan dengan transportasi pesawat jenis Wings AIR.

Kedatangan kloter pertama menggunakan pesawat Wings AIR dengan membawa penumpang 71 TKA dan 1 TKI pada 1 Mei 2021, Kemudian dihari yang sama kloter kedua tiba dengan membawa penumpang 72 TKA.

Empat hari berikutnya, tepatnya pada Rabu 5 Mei 2021 kembali tiba kloter ketiga dengan penumpang 72 orang, lalu kloter ke empat dengan 71 orang penumpang, kloter ke lima dengan jumlah penumpang 66 orang. Dengan demikian, total TKA yang tiba di Kabupaten Morowali satu pekan lalu sebanyak 352 orang.

Setelah dilakukan pemeriksaan suhu sesuai protokol kesehatan, 143 TKA asal Thiongkok dan 1 TKI tersebut, kemudian diberangkatkan menuju PT. Gunbuster Nickel Industry (GNI) yang berlokasi di Kabupaten Morowali Utara.

Ratusan TKA itu, diangkut melalui jalur darat menggunakan kendaraan roda 4 menuju Morut. Direncanakan dari 143 TKA yang datang, 54 TKA akan tinggal di PT. GNI sementara 89 TKA akan melanjutkan perjalanan menuju PT. VDNI Kendari.

Pemerintah Kabupaten Morowali Utara (Morut) yang dihubungi sejumlah awak media, mengakui belum mendapat data identitas para TKA itu dari dinas terkait.

“Besok kami minta info dari dinas terkait,” tulis Djira, Wakil Bupati Morowali Utara seperti dilansir dari Beritamorut.com.

 

  • Bagikan
error: Content is protected !!