Menakar Konsistensi Vale Indonesia di Industri Pertambangan Global & Nasional yang Berkelanjutan

  • Bagikan
Vale Indonesia di Industri Pertambangan Global & Nasional yang Berkelanjutan
Dok foto : Site Sorowako PT Vale Indonesia

Betapa indah dan megahnya negeri ini. Dengan potensi sumber daya alam yang berlimpah berkualitas tinggi, mengelolanya menjadi produk olahan demi kejayaan bangsa dan negara adalah tugas dan tanggung jawab yang mulia.

PT Vale Indonesia Tbk adalah korporasi Global multi tambang terbesar yang memiliki integrasi usaha yang berbasis sumber daya alam.

Mulai beroperasi sejak tahun 1968, Vale Indonesia telah melakukan kegiatan eksplorasi, penambangan, pengolahan, pemurnian serta pemasaran dari feronikel secara terintegrasi di Sorowako, Kabupaten Luwu Timur, Provinsi Sulawesi Selatan.

Wilayah pertambangan yang luas dengan cadangan sumber daya tambang berkualitas tinggi, membuat PT Vale Indonesia memiliki posisi yang solid dalam industri pertambangan dunia.

Vale Indonesia memiliki visi beroperasi melalui standar global dengan berkomitmen penuh pada praktik pertambangan berkelanjutan. Sementara misi Vale Indonesia adalah untuk mengubah sumber daya alam menjadi sumber kemakmuran dan pembangunan berkelanjutan.

Klik Disini : Kumpulan Berita PT Vale Indonesia

Vale Indonesia memiliki tujuan pada peningkatan nilai pemegang saham dan pemangku kepentingan. Hal ini dilakukan melalui kepentingan output produksi pada komoditas inti yang bersifat olahan dalam komoditas nikel.

Selain itu, Vale Indonesia juga berfokus pada penurunan biaya, seiring usaha yang bertumbuh, guna menciptakan keuntungan berkelanjutan.

Ketatnya persaingan didalam dunia bisnis nikel, membuat PT Vale Indonesia harus terus berinovasi agar tetap tumbuh melalui beberapa mitra perusahaan demi, peningkatan kualitas cadangan serta peningkatan nilai melalui pengembangan bisnis hilir.

Proyek strategis Vale Indonesia saat ini yang telah dirancang, salah satunya meliputi penambangan nikel dengan nilai investasi Rp28 Triliun, di blok 2 dan blok 3 desa Bahodopi, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah.

Pengembangan pada pelaksanaan proyek yang telah dirancang itu akan meliputi atas dua bagian utama diantaranya tambang dan pabrik smelter.

Untuk kegiatan penambangan diatas lahan wilayah konsesi perseroan yang mencakup area kontrak karya seluas 22.699 hektare di desa Bahodopi, akan dioperasikan dengan nilai investasi pembukaan senilai US$140 juta.

Sementara untuk kegiatan pengolahan bijih nikel, Vale Indonesia bersama aliansi strategis telah mendirikan badan usaha baru yang akan membangun smelter dengan nilai investasi sebesar US$1,8 miliar, yaitu PT Bahodopi Nickel Smelting Indonesia yang saat ini telah mengantongi izin usaha industri.

Vale Indonesia Ciptakan Social Impact Melalui CSR

Vale Indonesia menyadari bahwa kegiatan operasi perusahaan, memiliki dampak terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar.

Pada operasional penambangan di seluruh unit milik Vale, telah dijalankan sesuai praktik penambangan yang baik serta sejalan dengan peraturan yang berlaku, baik itu sejak perencanaan maupun pasca kegiatan penambangan.

Vale Indonesia di Industri Pertambangan Global & Nasional yang Berkelanjutan
Rehabilitasi pasca tambang : Dok foto PT Vale Indonesia

Vale Indonesia juga secara aktif melakukan program pengembangan masyarakat setempat yang bertujuan untuk memandirikan masyarakat dalam jangka panjang.

Diantaranya melalui pengembangan ekonomi lokal, peningkatan program, sarana dan prasarana kesehatan, pendidikan serta infrastruktur.

Selain aspek Corporate Social Responsibility (CSR), Vale Indonesia juga menerapkan praktik penambangan yang baik atau Good Mining Practice di semua unit dan unit bisnis pertambangan melalui implementasi sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja secara konsisten serta berkesinambungan.

Dalam pelaksanaan tugas dan kewenangannya, implementasi pada program K3 didukung oleh unit teknis bidang kesehatan kerja serta unit teknis pada bidang keselamatan kerja.

Semangat pantang menyerah seluruh karyawan dalam manajemen perusahaan, pada akhirnya akan mengantar PT Vale Indonesia menjadi korporasi Global terkemuka melalui diversifikasi dan integrasi usaha berbasis sumber daya alam.

Sumber Data & Foto : Milik PT Vale Indonesia

  • Bagikan
error: Content is protected !!