SRI LALUSU : WAH KABAR BARU NIH ! JIKA DIPASANGKAN Dr. Ir. HASANUDIN ATJO

  • Bagikan

“Wah kabar baru nih pak.? Jika saya dipasangkan dengan Dr Ir H Hasanuddin Atjo MP. Boleh juga! Karena pleno rapat DPD PDIP diputuskan saya maju di Pilgub Sulteng tahun 2020” kata Sri Indraningsih Lalusu SH Ketua Komisi I DPRD Provinsi Sulteng.

Namun sampai saat ini kata Ketua Komisi I DPRD Sulteng itu dalam pleno DPD PDI-P Sulteng belum di pastikan siapa pasangannya. Karena di utamakan dirinya maju untuk posisi dalam Pilgub Sulteng itu sebagai Sulteng 01.

“Semua masih menunggu baik hasil poling maupun kebijakan partai. Sebagai petugas partai saya siap maju sebagai Cagub Sulteng tahun 2020” katanya.

Sri Lalusu mendapat dukungan kuat dari internal pengurus, setelah muncul aspirasi dari elemen Partai agar dirinya maju dalam Pilgub Sulteng.

Salah satu pertimbangannya karena Sri Lalusu baru saja mendapat hasil fenomenal dalam kontestasi Pileg 2019 meraih 20 ribuan suara dari Dapil Banggai Bersaudara untuk pemilihan kursi DPRD Propinsi.

Menurut Sri untuk Pilgub Sulteng tahun 2020 melihat hasil Pemilu Legislatif Sulteng sangat memungkinkan untuk empat pasang calon Gubernur Sulteng pasca H Longki Djanggola.

Ketua DPD PDI-P Sulteng H Muharam Nurdin mengatakan pleno DPD PDI-P Sulteng intinya akan mengusung kader PDIP disetiap Pilkada.

“Untuk Provinsi Sulteng DPD menyepakati untuk mencalonkan Sri Lalusu dengan ketentuan tetap mengikuti proses internal partai dengan syarat-syarat antara lain harus ada kepastian koalisi partai, hasil survey lembaga independen dan kredibel” kata Wakil Ketua DPRD Sulteng itu.

Menurut Muharam soal siapa yang menjadi pasangan, PDIP akan mempelajari hasil survey dan ketersediaan partai pengusung.

Terpisah Ketua Pusat Pengkajian Politik dan Otonomi Daerah FISIP Untad Palu Dr. Slamet Riadi Cante, MSi. mengatakan dalam perspektif politik semua kemungkinan bisa terjadi.

Hanya tingkat elektoral masing-masing figur sangat di tentukan oleh perjalanan track recordnya dan basis massa yg telah di bangun selama ini. Parpol pengusung hanya sekedar kenderaan politik saja terhadap figur untuk berkontestasi.

“Figur Dr Ir Hasanuddin Atco MP adalah sosok birokrat yang memiliki banyak pengalaman dan inovasi dan hasil kerjanya banyak memberikan kontribusi terhadap para kaum nelayan maupun para petambak sebagai upaya kemajuan Sulteng khususnya pada sektor kelautan dan perikanan” kata Slamet Riadi.

Olehnya itu dia menilai dengan kapasitas beliau patut di perhitungkan untuk masuk bursa Cagub atau Cawagub di Pilgub Sulteng 2020.

Dari pertimbangan geo politik Ibu Sri lalusu memiliki basis massa yg kuat khususnya pada Wilayah Kabupaten Banggai ,Bangkep, Banggai Laut dan sekitarnya, hanya saja suara pemilih akan terpolarisasi ketika Anwar Hafid dan Akhmad Ali akan ikut ber kontestasi Pilgub Sulteng.

“Sulteng kedepan ada beberapa PR yang perlu diselesaikan bagi Gubernur Sulteng pasca H Longki Djanggola yakni persentase angka kemiskinan yang masih relatif tinggi, infrastruktur khususnya agenda jalan tol Parigi- Palu yang nantinya tidak melewati jalur Trans Sulawesi Kebun Kopi” kata Dosen FISIP Untad Palu itu.

Penulis : Elkana Lengkong / Trilogi.co.id

  • Bagikan
error: Content is protected !!