Dinas PUPR Pasangkayu & PT Bintang Tholaling Optimis Proyek Jembatan Mandar II akan Kelar, Progres Pekerjaan Tahap Pengiriman Rangka Baja

  • Bagikan
Progres Pekerjaan Tahap Pengiriman Rangka Baja

Pemerintan Kabupaten Pasangkayu melalui dinas PUPR bersama rekanan PT Bintang Tholaling, optimis penggantian jembatan Mandar II akan kelar beberapa bulan kedepan. Progres pekerjaan tahap pengiriman rangka baja.

Hal ini ditegaskan oleh Kepala dinas PUPR Kabupaten Pasangkayu, Budiyansa melalui Sekretaris dinas PUPR, Sumarlin, membeberkan jika progres fisik penggantian jembatan jalan Trans Sulawesi, Bambamone – Saluapu –Mandar 2 – Pakava – Ngovi, senilai Rp3.592.941.000, yang digarap oleh pelaksana proyek PT Bintang Tholaling akan kelar.

pekerjaan tahap pengiriman rangka baja
Sekretaris Dinas PUPR, Kabupaten Pasangkayu, Sumarlin, ST : Dok Foto pribadi

Meskipun molor dari jadwal yang ditentukan, namun hasil monitoring evaluasi dinas PUPR Pasangkayu telah mengadakan pertemuan terbatas antara pelaksana proyek PT Bintang Tholaling, konsultan pengawas dan tim teknis dinas PUPR untuk membahas durasi pelaksanaan penyelesaian bangunan abutmen jembatan Mandar II.

Baca Juga : Dukung Pengembangan Kawasan Industri di Morowali, Dua Bangunan Jembatan Dampala Cs telah Rampung 100 Persen

“Dengan memanfaatkan kesisaan waktu yang ada target penyelesaian abutmen 8-12 hari sambil menunggu girder (Gelagar Besi-red) yang sementara pengirman dari pulau jawa” tulis Sumarlin, kepada Trilogi Jumat 10 September 2021.

Sumarlin berharap kepada PT Bintang Tholaling yang ditunjuk sebagai pelaksana proyek penggantian jembatan Mandar II dengan bentang panjang 27 meter itu agar mempercepat penyelesaian pekerjaan itu.

Baca Juga : Jembatan Pombewe, Pulihkan Konektivitas Lintas Biromaru – Palolo dan Akses Huntap

“Jadi harapan dari dinas PUPR agar pihak PT Tholaling dapat mempercepat penyelesaian pekerjaan tersebut sesuai dengan kontrak” harapnya.

Sementara itu management proyek PT Bintang Tholaling yang dikonfirmasi, secara singkat mengakui bahwa penyelesaian pengantian jembatan Mandar II tidak ada kendala, hanya saja material produk untuk jembatan, masih menunggu pengiriman dari pulau jawa.

“Tidak ada kendala, menunggu pengiriman rangka jembatan baja dari pabrikan yang dipesan dari Cikarang” tulis Edhy P Putra, pelaksana PT Bintang Tholaling.

Baca Juga : Pelebaran Jalan Nasional Bahodopi & Bts Sultra, Upaya Pemerintah Seragamkan Jalur Menuju Standar

Untuk mendukung pengembangan ekonomi masyarakat diwilayah itu, Pemerintah Kabupaten Pasangkayu melalui Bidang Bina Marga jalan dan jembatan dinas PUPR, awal tahun 2021 lalu mengalokasikan anggaran Rp3,5 miliar untuk penggantian jembatan jalan Trans Sulawesi, Bambamone – Saluapu –Mandar 2 – Pakava – Ngovi.

PT Bintang Tholaling yang ditunjuk sebagai kontraktor pelaksana proyek itu melalui Nomor kontrak :600/2500660/Kont-Fisik/PPK-BM/I/2021/DPUPR, dengan durasi waktu pelaksanaan selama 300 hari kalender.

Baca Juga : Pembangunan Palu Inner Ring Road Dianggarkan Rp308,48 Miliar

Diketahui panjang jembatan Mandar II ini sekitar 27 meter dengan lebar 7 meter dan menelan anggaran senilai Rp3.592.941.000. Diharapkan dengan adanya jembatan tersebut bisa membantu perekonomian warga setempat.

  • Bagikan
error: Content is protected !!