PEMDES LABUAN DONGGULU SERAHKAN BANTUAN ALAT PERTANIAN & NELAYAN

  • Bagikan

Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) Desa Labuan Donggulu, Kecamatan Kasimbar, Kabupaten Parigi Moutong, menyerahkan bantuan kepada masyarakat yang tergabung dalam Kelompok Tani dan nelayan. Penyerahan simbolis bantuan ini dipimpin langsung oleh Kepala Desa Marzuki Kasim, bertempat digedung balai pelatihan desa setempat, Selasa kemarin.

Kades Labuan Donggulu, Marzuki Kasim

Kegiatan ini mendapat sambutan hangat dari warga Desa Labuan Donggulu, yang mendapatkan bantuan perlengkapan pertanian dan nelayan.

Kades Marzuki Kasim mengatakan, saat ini pihaknya telah menyerahkan bantuan dari Dana Desa (DD) berupa alat-alat pertanian berupa alat tangki penyemprot sebanyak 45 unit untuk kelompok tani dan 10 unit mesin katinting untuk kelompok nelayan. Selain itu juga Pemdes Labuan Donggulu juga mengalokasikan anggaran DD senilai Rp20 juta untuk biaya lanjutan pembangunan gedung balai seni berupa kegiatan plesteran dan lantai gedung.

“Kami dari Pemerintah Desa menyerahkan bantuan alat-alat pertanian kepada kelompok Tani dan kelompok nelayan yang dialokasikan dari anggaran DD untuk tahap I Tahun 2019,” kata Kades Labuan Donggulu, Marzuki Kasim, ketika ditemui trilogi.co.id.

Dijelaskannya, program Dana Desa yang disalurkan ke masyarakat saat ini merupakan buah kerja dan rencana yang ia rancang bersama warga sejak tahun 2018 lalu, namun saat ini baru dapat direalisasikan oleh pemerintah.

“Kami selaku pemerintah Desa terus berupaya untuk memberikan peningkatkan dan kemajuan taraf hidup demi kesejahteraan masyarakat. Perhatian ini kami fokuskan untuk program pemberdayaan masyarakat,” ungkap Marzuki Kasim.

Saat penyerahan bantuan berlangsung, Marzuki Kasim menyampaikan kepada warga, dengan adanya pemberian bantuan dari pemerintah seperti ini diharapkan agar dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya dan memberikan nilai plus dalam pengelolaan maupun usaha peningkatan kapasitas produksi pertanian masyarakat dan nelayan.

“Tadi saya sampaikan kepada para warga penerima bantuan tani dan nelayan, mudah-mudahan dengan adanya bantuan tani ini bisa lebih meningkatkan produksi hasil pertanian kita dan hasil tangkapan ikan. Saya berharap, semua bantuan yang diserahkan jangan sampai dipindah tangankan ke orang lain atau dijual.

Andaikan hal itu terjadi maka yang bersangkutan akan berhadapan dengan hukum,” tegas Marzuki Kasim selaku Kades Labuan Donggulu.

Penanaman Mangrove Karang Taruna Desa labuan Donggulu

Selain dalam program pemberdayaan pemberian alat bantu pertanian dan nelayan, Pemerintah Desa Labuan Donggulu juga mengalokasikan sebagian anggaran DD kali ini, untuk penanaman mangrove yang dilaksanakan disepanajang pesisir desa oleh kelompok pemuda yang tergabung dalam organisasi Karang Taruna Desa Labuan Donggulu.

Penulis : Ditha B Pasiak
Editor : Wahyudi / trilogi.co.id

  • Bagikan
error: Content is protected !!