Para Patriot Penjaga Teritorial Desa

  • Whatsapp
Para Patriot Penjaga Teritorial Desa

Apa itu Babinsa ?. Babinsa adalah singkatan dari Bintara Pembina Desa. Salah satu kekuatan Kodam yang dinaungin secara berturut-turut oleh Koramil, Kodim dan Korem. Lantas apa tugas dan kewenangan nya ?.

Babinsa adalah unsur pelaksanaan Koramil yang bertugas melaksanakan pembinaan danTeritorial atau Binter diwilayah pedesaan atau Kelurahan. Didalam pelaksanaan tugas hari-hari, Babinsa disibukan dengan berbagai macam masalah yang menyangkut social. Dan berikut tugas Babinsa serta tugas pokoknya !.

Bacaan Lainnya

Baca Juga : Tegas Peringati Kelompok MIT Poso, Berikut Profil Komandan Korem 132 Tadulako, Brigjen TNI Farid Makruf

Tugas pertama Babinsa adalah pelaksana Danramil dan fungsi pembinaan yang bertugas melatih rakyat, memberikan penyuluhan dibidang Hankam, dan pengawasan fasilitas dan prasarana Hankam di pedesaan.

Tugas yang kedua Babinsa adalah pelaksana Danramil dalam pelaksanaan Binter, yang berhubungan dengan perencanaan, penyusunan, pengembangan dan pengerahan serta pengendalian potensi wilayah dengan segenap unsur geografi.

Baca Juga : TNI-POLRI Buru Sisah Kelompok Bersenjata Di Hutan Poso

Untuk menjadi seorang Babinsa ada kemampuan yang harus dimiliki, yang pertama kemampuan intelejen teritorial, kedua kemampuan pembinaan wilayah, ketiga kemampuan pengawasan wilayah, ke empat kemampuan pembinaan rakyat terlatih dan yang kelima kemampuan sebagai inovator pembangunan.

Berikut 10 pilihan para patriot penjaga teritorial Desa yang tersebar diwilayah Provinsi Sulawesi Tengah dibawah kendali Komando Resor Militer (KOREM -132 Tadulako) yang dipimpin oleh Brigjen TNI Farid Makruf, seperti dilansir dari laman akun Facebook Penerangan Palu.

Dukung program Swasembada Pangan di Wilayah Binaan, Serka Ade Darsono, Babinsa Koramil 1306-15 /Sabang. Terlibat langsung melaksanakan Komsos membantu warga mengerjakan pembuatan jaringan irigasi tersier Tahun angaran 2021 sepanjang 200 meter di Desa Parisan Agung, Kecamatan Dampelas, Kabupate Donggala.

Monitoring wilayah Binaan, Serda Benny Murdhani anggota Babinsa Koramil 1306-03/Kulawi. Terlibat langsung gotong royong bersama warga melaksanakan perbaikan jembatan gantung di Sungai Lariang, sepanjang 70 meter yang digunakan oleh masyarakat sebagai akses usaha tani menuju kantong produksi di Dusun II, Desa Pilimakujawa, Kecamatan Kulawi Selatan, Kabupaten Sigi.

Pengecoran jalan berlubang, Peltu Marton S, Babinsa Koramil 1307-09/Poso, terlibat langsung bersama warga melaksanakan kerja bakti pengecoran badan jalan yang berlubang di Jalur Trans Sulawesi di Desa Trimulya Kecamatan Poso Pesisir , Kabupaten Poso.

Monitoring wilayah Binaan, Serda Nasrun Babinsa Koramil 1307-07/Ampana Tete, melaksanakan Komsos dengan para petani sekaligus mempererat silatuhrahim serta memantau perkembangan situasi wilayah Binaan di Desa Bulan Jaya, Kecamatan Ampana Tete, Kabupaten Tojo Una-una.

Monitoring wilayah Binaan, Koptu Rakip Larisa Babinsa Koramil 1308-13/Tataba, terlibat langsung dalam membantu warga binaan pembangunan rumah milik salah seorang warga Desa Tataba, Kecamatan Buko, Kabupaten Bangai Laut.

Perbaikan tanggul saluran. Koptu Iswadi Babinsa Koramil 1305-03/Dampal Utara terlibat langsung gotong royong bersama warga setempat untuk perbaikan saluran tanggul yang roboh akibat banjir diarea Masjid At-Taqwa, Desa Pulau Simatang, Kecamatan Dampal Utara, Kabupaten Tolitoli.

Cegah penyebaran Covid-19. Serda Syaharudin Babinsa Koramil 1306-08/Parigi bersama Bhabinkamtibmas serta perangkat desa Petapa melakukan penyemprotan cairan disenfektan disejumlah fasilitas umum, salah satunya di Masjid Al-Hudah, Dusun 4, desa Petapa, Kecamatan Parigi Tengah.

Pendampingan pengendalian untuk tanaman jagung. Sertu Mansyur S, Babinsa Koramil 1306-04/Dolo, terlibat langsung dalam pendampingan bagi para petani jagung di Dusun III, Desa Potoya, Kecamatan Dolo, Kabupaten Sigi.

Bantu ringankan beban warga, Serda Roni Rasubala Babinsa Koramil 1307-02/Tentena, membantu pembangunan pondasi rumah milik salah seorang warga Desa Sangira, Kecamatan Pamona Utara, Kabupaten Poso.

Bantu penyintas bencana Gempa Bumi. Serka Penihas Agus, Babinsa Koramil 1306-13/Sirenja, terlibat langsung membantu warga dalam perbaikan bangunan rumah yang rusak akibat dampak gempa 28 September 2018 silam di Desa Ombo, Kecamatan Sirenja, Kabupaten Donggala.

Pos terkait