Proyek Jalan Lingkar Dalam Kota Palu Sepanjang 42 Kilometer Dibagi Menjadi 2 Tahap

  • Bagikan
Jalan Lingkar Dalam
Crew BPJN Sulteng. Dok Foto BPN Sulteng \ TRILOGI

Jalan Lingkar Dalam Kota atau Palu Inner Ring Road (PIRR) sepanjang 42 kilometer, akan dibagi menjadi dua tahap pekerjaan. Saat ini konsep desain awal oleh Konsultan Desaign and Supervision Consultants (DSC) masih dalam tahap pelelangan.

Program rekontruksi Palu Inner Ring Road ini adalah bagian dari pelaksanaan program infrastruktur Rehabilitation Sector Loan (IRSL) yang didanai melalui Loan Japan International Cooperation Agency (JICA) -IP 580.

Jalan Lingkar Dalam
Kepala BPJN Sulawesi Tengah, Muhammad Syukur, ST.MT. Foto BPJN Sulteng / TRILOGI

Hal ini dibenarkan juga oleh Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Sulawesi Tengah, Muhammad Syukur, menjelaskan bahwa konstruksi PIRR ini seluruhnya mencapai 42 kilometer yang dibagi menjadi dua tahap pekerjaan.

Baca Juga : Rute Jalan Lingkar Luar Kota Palu akan Terintegrasi di 3 Huntap

“Untuk tahap pertama akan dibangun jalan dengan panjang total sejauh 25 Km dengan satu unit jembatan Poboya dengan bentang sejauh 40 meter. Untuk estimasi pagu mencapai Rp 164,28 Miliar” tulis Muhammad Syukur, kepada Trilogi Selasa 29 Juni 2021.

Menurutnya untuk pelaksana Jalan Lingkar Dalam Kota Palu tahap I akan meliputi pekerjaan rekonstruksi dan rehabilitasi jalan Soekarno Hatta, Dayodara 2, Mantikulore, Bulu Masomba, Kebun Sari, Pramuka, Lasoso dan Tambuli.

Baca Juga : Pemprov Sulteng bantu Rp10 Miliar Anggaran Pembebasan Lahan Jembatan Palu IV

Sementara untuk proyek Lingkar Dalam Kota Palu tahap II akan dibangun jalan dengan total panjang mencapai 17 Kilometer dan pembangunan satu unit jembatan Puebongo dengan bentang sejauh 40 meter. Untuk estimasi pagu, pihak BPJN Sulawesi Tengah mengalokasikan anggaran mencapai Rp 144,2 Miliar.

“Untuk pelaksana Jalan Lingkar Dalam Kota Palu tahap II akan meliputi pekerjaan rekonstruksi dan rehabilitasi jalan Tambuli, Lando, Puebongo, Padanjakaya, Gunung Gawalise, Munifrahman 2” jelasnya.

Muhammad Syukur membeberkan bahwa program Palu Inner Ring Road tahap I dan II ini penangananya dengan melakukan rekonstruksi dan rehabilitasi penggabungan jalan Kota Palu dan Jalan Provinsi dengan total panjang mencapai 42 kilometer.

Baca Juga : PJN I Preservasi Jalan 648,54 Kilometer Demi Kelancaran Jalur Logistik

“Perencanaan secara detail awalnya akan dilakukan oleh Konsultan DSC yang saat ini masih dalam proses pelelangan, namun dilakukan percepatan sehingga DED akan disiapkan oleh P2JN Sulteng” ungkapnya.

Untuk tahap pelaksanaan proyek Palu Inner Ring Road tahap I dan II, tambah Muhammad Syukur, saat ini pihaknya masih menunggu hasil lelang yang berproses di Balai penyedia Jasa Kontruksi (BP2JK).

“Diharapkan dapat dimulai pekerjaannya pada akhir Juli 2021” pungkasnya.

  • Bagikan
error: Content is protected !!