DUKUNG PRODUKTIVITAS EKONOMI, PEMKAB SIGI BENAHI JALAN DIBEBERAPA WILAYAH

  • Bagikan

Dalam rangka meningkatkan aksesibilitas masyarakat di daerah, Pemerintah Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah melakukan perbaikan sarana dan prasarana infrastruktur jalan desa melalui program pembangunan jalan strategis yang tersebar dibeberapa wilayah.

Diantaranya Pembangunan jalan strategis desa Baliase Kecamatan Marawola sepanjang kurang lebih 1 kilometer dengan biaya Rp1.992.848.000 yang dikerjakan oleh CV Erynas Perdana. Kemudian pembangunan jalan strategis desa Bolupontu Kecamatan Sigi Biromaru, dengan biaya Rp1.994.993.120 yang dikerjakan oleh CV Karya Adhiguna Lestari.

Lalu pemeliharaan berkala jalan yang menghubungkan desa Beka – Dolo dengan biaya Rp2.988.379.973 yang digarap oleh PT Fajar raya Ushanusa, dan pembangunan jalan strategis desa Namo Kecamatan Kulawi dengan biaya Rp1.963.048.709 yang dikerjakan oleh rekanan CV Bangkit Persada.

Saat ini pembangunan jalan strategis desa dan pemeliharaan berkala jalan yang ditangani langsung oleh dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Kabupaten Sigi melalui bidang Bina Marga sedang dalam proses pelaksanaan dilapangan. Hal ini tentunya untuk memberikan akses jalan baik bagi masyarakat untuk memperlancar arus transportasi.

Kabid Bina Marga Dinas PUPR Kabupaten Sigi, Eddy. Foto ist

Kabid Bina Marga dinas PUPR Kabupaten Sigi, Eddy membenarkan program tersebut. Hal itu menurut dia diberikan dalam rangka untuk meningkatkan aksesibilitas masyarakat di beberapa wilayah, yang cenderung mengalami kesulitan menuju lokasi produksi perkebunan atau kelokasi pusat ekonomi lainnya.

Program peningkatan sarana dan prasarana itu nantinya akan berdampak pada produktivitas ekonomi masyarakat setempat. Selain itu juga melalui program peningkatan jalan strategis dan pemeliharaan berkala, diharapkan mampu menciptakan konektivitas yang kuat.

Dan berdampak langsung bagi masyarakat untuk menurunkan biaya logistik, menurunkan ketimpangan, serta meningkatkan produktivitas ekonomi masyarakat yang wilayahnya mendapat Program tersebut.

Ke empat paket sarana dan prasarana infrastruktur jalan saat ini, tengah dikelolah oleh dinas PUPR Kabupaten Sigi melalui Bidang Bina Marga yang dibiayai oleh APBD-P tahun anggaran 2020. Untuk TA 2021 mendatang Pemkab Sigi juga akan berupaya mengalokasikan kembali anggaran perbaikan dan pembangunan jalan bagi desa yang belum tertangani pada tahun ini.

  • Bagikan
error: Content is protected !!