INFRASTRUKTUR

JEMBATAN PUTUS, SULTENG & SULTRA TERTUTUP TOTAL

Arus lalu lintas Trans Sulawesi yang menghubungkan Sulawesi Tengah dan Sulawesi Tenggara tertutup total karena sebuah jembatan permanen di Sungai Dampala, Kecamatan Bungku Tengah, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, hanyut dibawa banjir, Sabtu dinihari.

Jembatan Dampala terputus setelah diterjang banjir

Keterangan yang dikumpulkan media ini dari warga Bahodopi, Kabupaten Morowali, menyebutkan bahwa jembatan Dampala ini merupakan penghubung utama antara ibu kota Kabupaten Morowali dengan Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP), sebuah kawasan indusri pertambangan nikel terbesar di Indonesia yang mempekerjakan sekitar 35.000 tenaga kerja.

“Jembatan ini adalah jalur satu-satunya menuju kawasan IMIP, selanjutnya ke perbatasan Sulteng-Sultra di Konawe Utara (Sultra), tidak ada jalur alternatif,” ujar Rais, pekerja asal Palu, yang berdomisili di Desa Bahodopi.

Jembatan Dampala terputus setelah diterjang banjir

Dengan terputusnya jembatan Dampala, praktis kawasan IMIP terisolir dari hubungan darat baik dari arah Palu, ibu kota Sulawesi Tengah maupun dari arah Kendari, ibu kota Sulawesi Tenggara, karena banjir bandang di Kabupaten Konawe Utara, Sultra juga memutus Trans Sulawesi dari Sultra ke Sulteng.

Ratusan kendaraan dilaporkan tertahan di ruas Trans Sulawesi Bungku Tengah, Kabupaten Morowali karena jalur ini memang sedang ramai-ramainya dilintasi para pemudik yang akan kembali ke kota masing-masing setelah merayakan Idul Fitri, baik ke kota-kota di Sulteng maupun di Sultra.

Bahkan menurut Rais, ia baru saja menerima informasi melalui media sosial yang diposting warga Bungku bahwa sebuah jembatan di Desa Wosu, Kecamatan Bungku Tengah, juga hanyut dibawa banjir Sabtu pagi ini.

“Sudah tiga hari ini hujan deras terus mengguyur Morowali sehingga banyak permukiman warga yang tergenang air dan penghuninya terpaksa mengungsi ke tempat-tempat yang aman,” ujarnya.

Pemerintah Kabupaten Morowali, kata Rais yang juga seorang pendeta tersebut, sudah mengeluarkan imbauan kepada warga agar mewaspadai banjir dan bencana alam lain sehubungan dengan hujan deras yang terus menerus mengguyur sejak tiga hari terakhir.

Belum ada konfirmasi dari pejabat berwenang di Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) XIV Wilayah Sulteng namun ada informasi bahwa BPJN sedang mengupayakan untuk mengerahkan jembatan darurat ke Dampala untuk mengatasi sementara agar arus balik Idul Fitri bisa kembali lancar.

Koordinator Humas PT. IMIP Dedy Kurniawan yang dihubungi terpisah berharap akses transportasi darat yang saat ini terputus bisa segera diatasi.

Terputusnya akses darat ini, kata dia, tidak akan mengganggu opersional perusahaan-perusahaan yang beraktivitas di IMIP karena sebagian besar kebutuhan industri dipasok melalui jalur laut.

Penulis : Wahyudi / Trilogi.co.id

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

Koran Trilogi - Berdiri diatas dan untuk semua golongan, serta non-partisan. Trilogi.co.id tidak bekerja untuk kepentingan politik mana pun. WWW.TRILOGI.CO.ID

Facebook

Copyright © 2019 Trilogi.co.id All Right ReservedThemetf

To Top