Tingkatkan Kemantapan Jalur Nasional, BPJN Sulteng Selesaikan Preservasi Jalan Taripa – Beteleme

  • Bagikan

Direktorat Jendral (Ditjen) Bina Marga, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Sulteng, terus tingkatkan kemantapan jalur nasional untuk mendukung konektivitas menuju kawasan Industri terbesar se Asia Tenggara.

Diantaranya, ruas jalan nasional Taripa- Tindatana – Tomata – Beteleme, di Kabupaten Morowali Utara, Provinsi Sulawesi Tengah.

Ketersediaan infrastruktur jalan dengan kondisi baik tentunya akan meningkatkan akselerasi pengembangan jalur serta memudahkan logistik mencapai lokasi kawasan industri yang terdapat di dua Kabupaten yakni Morowali Utara dan Morowali.

Tingkatkan Kemantapan Jalur Nasional
Core Drill aspal Jalan ruas Taripa – Tindatana – Tomata – Beteleme : Dok foto PPK 3.5

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK -3.5) Satuan kerja wilayah III Fajar, kepada Trilogi secara singkat membeberkan jika kegiatan paket tersebut preservasi ruas jalan Taripa- Tindatana – Tomata – Beteleme dilaksanakan dengan berbagai macam item pekerjaan dengan skema lintas anggaran MYC tahun angaran 2020-2021.

Baca Juga : Dukung Pengembangan Kawasan Industri di Morowali, Dua Bangunan Jembatan Dampala Cs telah Rampung 100 Persen

Untuk mendukung konektivitas di ruas itu, BPJN Sulteng tengah menuntaskan preservasi ruas jalan, meliputi rehab major sejauh 0,35 kilometer, rehab minor sejauh 6,70 kilometer, preventif sejauh 1,30 kilometer, rekontruksi 2,495 kilometer, dan penanganan longsoran 0,235 kilometer.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Fajar yang memangku jabatan PPK 3.5, pelaksanaan preservasi ruas jalan Taripa- Tindatana – Tomata – Beteleme tahun anggaran 2020 dilaksanakan oleh PT Kurnia Mulia Mandiri (KMM) melalui nomor kontrak : HK.02.03-Bb14/PREV.TRP-TNTA-TMTA-BTLM/PJN III Sulteng-PPK 3.5/01, dengan nilai kontrak sebesar Rp56.620.113.000 yang bersumber dari APBN.

Baca Juga : Pelebaran Jalan Nasional Bahodopi & Bts Sultra, Upaya Pemerintah Seragamkan Jalur Menuju Standar

Pengembangan kemantapan Jalur Nasional yang dilaksanakan oleh PPK 3,5 Satker PJN wilayah III pada ruas tersebut merupakan dukungan pemerintah bagi pengembangan jalur menuju kawasan industri yang berlokasi di dua Kabupaten di Sulteng.

Tingkatkan Kemantapan Jalur Nasional
Kondisi aspal Jalan ruas Taripa – Tindatana – Tomata – Beteleme, setelah di tangani : Dok foto PPK 3.5

Selain itu peningkatan kualitas jalan nasional yang dilakukan oleh pihak BPJN Sulteng di Taripa- Tindatana – Tomata – Beteleme juga memiliki arti penting karena akan memperlancar konektivitas di bagian timur Sulawesi Tengah sehingga nantinya diharapkan mengurangi kesenjangan dengan wilayah lainya yang lebih maju.

Baca Juga : Pulihkan Infrastruktur Pascabencana di Sigi, BPJN Sulteng Rehabilitasi Jalan Sejauh 12 Kilometer Tahun 2021

Selama ini jalur Taripa – Tindatana – Tomata – Beteleme sebagai jalur logistik untuk mendukung kelancaran produksi dan distribusi barang kebutuhan pokok dari ibu kota Sulawesi Tengah menuju Kabupaten Morowali Utara, Morowali sekaligus akses menuju Bts Sulawesi Tenggara.

  • Bagikan
error: Content is protected !!