KAPOLDA SULTENG TEMUI KETUA DPRD, PAPARKAN PROGRAM KERJA

  • Bagikan

Kapolda Sulawesi Tengah (Sulteng) yang baru, Irjen Pol. Abdul Rakhman Baso, melakukan kunjungan silaturahim ke DPRD setempat, Rabu 9 September 2020.

Kehadiran Kapolda pengganti Irjen Pol. Syafril Nursal itu diterima oleh Ketua DPRD Provinsi Sulteng, Nilam Sari Lawira bersama sejumlah anggota DPRD.

Pada kesempatan itu, Kapolda Rakhman menyampaian sejumlah hal yang akan menjadi fokus kerjanya selama bertugas.

“Pertama, bagaimana kita berjibaku untuk cipta kondisi stabilitas kamtibmas dalam rangka membantu investor dan sebagainya, kiranya kita bisa bersinergi untuk menjaga stabilitas itu,” katanya.

Sebab, kata dia, salah satu modal investor untuk mau masuk adalah suasana yang kondusif. Untuk syarat-syarat lainnya, lanjut dia, itu merupakan urusannya instansi terkait.

“Kalau kita lebih banyak menggarap soal potensi gangguan keamanan. Kepada intel saya sampaikan jangan kita selalu menjadi seperti pemadam kebakaran. Kalau kita seperti pemadam kebakaran maka cost-nya tinggi, tapi kalau kita bisa menggarap potensi gangguan itu, ya paling kita rugi di waktu saja,” tuturnya.

Ia juga menyampaikan perihal pengamanan Pilkada serentak yang saat ini akan memasuki masa kampanye.

“Kami juga hampir setiap hari melakukan video conference terkait bagaimana dinamikanya. Yang jelas, di Pilkada ini kami netral,” tegasnya.

Selain itu terkait masalah Covid-19. Pihaknya sendiri berupaya menjaga jangan sampai polisi juga sakit.

“Kalau sakit bagaimana mau melayani masyarakat, jadi saya keras di situ. Selesai apel pagi kita lanjutkan dengan olahraga. Kalau awalnya apel pagi dimulai pada pukul 07.00 Wita, sekarang saya ubah menjadi 08.00 Wita, supaya panas matahari itu bisa mengena ke tubuh polisi, supaya imunnya bisa tambah kuat,” sambungnya.

Tak sampai di situ, Kapolda juga menyampaikan salah satu program yang menurutnya cukup penting. Ia akan meminta pelaku-pelaku usaha untuk menyediakan internet gratis bagi anak-anak sekolah yang saat ini sedang menjalani sistem belajar daring akibat Covid-19.

“Wajib, nanti saya absen. Dalam satu tahun misalnya bisa dianggarkan melalui CSR dan sebagainya,” katanya.

Terkait itu, Ketua DPRD Provinsi Sulteng, Nilam Sari Lawira, berharap, semoga dengan kedatangan Kapolda Sulteng yang baru, bisa meningkatkan kondusifitas daerah Sulteng.

“Kiranya bisa bersinergi lebih baik lagi dengan Kapolda Sulteng, apalagi dengan jarak kantor yang begitu dekat, hanya saling bersebelahan saja. Kita juga merasa aman, bisa dipantau lebih dekat oleh kepolisian. Apalagi sering ada demo,” kata Nilam.

  • Bagikan
error: Content is protected !!