Begini Potret Jendral Polisi Turun Tangan Saat Memasak Nasi

  • Bagikan
Jendral Polisi
Kapolda sulteng, Irjen Pol Abdul Rakhman Baso.

Aksi Jendral bintang dua ini bikin geleng-geleng kepala. Tak sedikit yang mengagumi sosoknya yang tetap rendah hati. Menjabat sebagai Kapolda Sulawesi Tengah sejak 3 Agustus 2020 silam tak membuat sosok Abdul Rakhman Baso menjadi tinggi hati.

Jebolan Akpol Tahun 1988 yang menguasai bidang Brigade Mobil (Brimob) ini tentu memiliki banyak bawahan, Banyak hal yang bisa diperintahkan para Jenderal Polri saat hendak menginginkan sesuatu.

Namun hal ini nampaknya berbeda yang ditunjukan oleh sosok Irjen Pol. Abdul Rakhman Baso. Sang Jenderal ini tak segan untuk turun tangan sendiri ke dapur, mencoba memasak nasi.

Seperti yang terjadi di pos pengamanan daerah rawan (Pamrahwan) yang terletak di desa Tamanjeka, Kabupaten Poso, Sabtu 3 Juli 2021.

Pria kelahiran Ujung Pandang Tahun 1963 ini lebih memilih untuk menggunakan tangannya sendiri, berkutat di dapur menggunakan tungku tanah sambil meniup bara api menggunaka corong yang terbuat dari bambu.

Berikut profil Irjen Pol Abdul Rakhman Baso, Kapolda Sulawesi Tengah yang saat ini menjadi Penanggungjawab Kebijakan Operasi (PJKO) Satgas Madago Raya Tahun 2020-2021, yang dilansir dari Wikipedia.

Irjen Pol Abdul Rakhman Baso, adalah perwira tinggi Polri yang sejak sejak 3 Agustus 2020 lalu mengemban amanat sebagai Kapolda Sulteng.

Dia merupakan lulusak Akpol Tahun 1988 yang menguasai bidang Brimob. Jabatan terakhir jendral bintang dua ini adalah Wakil Komandan Korbrimob Polri Tahun 2018.

Riwayat Jabatan

1. Kasat Brimob Polda NTT Tahun 2001
2. Kasat Brimob Polda Sultra Tahun 2002
3. Wadir Samapta Polda Lampung
4. Kasat Brimob Polda Sumsel
5. Kasat Brimob Polda Jabar Tahun 2010
6. Kapolrestabes Bandung Tahun 2012
7. Analis Kebijakan Madya Bidang Brimob Korbrimob Polri Tahun 2013
8. Karo Ops Polda Sumbar Tahun 2014
9. Kabag Ops Korbrimob Polri Tahun 2015
10. Danpas Pelopor Korbrimob Polri Tahun 2017
11. Wakil Komandan Korbrimob Polri Tahun 2018
12. Kapolda Sulawesi Tengah Tahun 2020

Kenakan Seragam PDL – I

Saat terjun langsung memasak nasi di dapur, Jendral Polisi ini tetap mengenakan seragam Pakaian Dinas Lapangan (PDL- I) Brimob lengkap dengan Bodyvest berwarna hitam. Dengan itu, seolah abdul Rakhman Baso menepis anggapan jika para Jenderal enggan untuk ke dapur langsung.

Tepat disampingnya terdapat alat memasak menggunakan tungku tanah dan kayu bakar yang digunakan para prajurit gabungan TNI-Polri saat operasi Madago Raya di pos penjagaan dusun Tamanjeka.

Momen langkah ini terjadi saat Kapolda Sulteng Irjen Polisi Abdul Rakhman Baso dari Pos Komando Taktis (Poskotis) Ops Madago Raya di Tokorondo, mengunjungi pos-pos yang ditempati Polri dan TNI di wilayah Kecamatan Poso Pesisir.

Jendral Polisi
Kapolda sulteng, Irjen Pol Abdul Rakhman Baso. Foto Satgas Ops Madago Raya / TRILOGI

Bergeser menuju Pos Kejar Tamanjeka

Dikabarkan mantan Wakil Komandan Korbrimob Polri itu mengajak rombongannya dengan menggunakan motor trail untuk menuju pos sekat dan pos pengamanan daerah rawan (Pamrahwan).

Pos Pamrahwan di Desa tamanjeka menjadi sasaran pertama yang dikunjungi. Disana anggota telah bersiap menyambut kedatanganya. Setibanya di pos, satu persatu anggota disalami sambil melihat situasi pos serta lingkungannya. Kapolda juga menyempatkan memberikan bantuan sembako sembari memberikan motivasi dan mengingatkan anggota untuk meningkatkan kewaspadaan.

Tidak kurang dari satu jam, kemudian rombongan Kapolda Sulteng bergeser menuju Pos Sekat atau Pos Kejar Tamanjeka, anggota pos dengan sigap menyambut perwira tinggi polri bintang dua ini dengan hormat dan salam.

Tidur di Ranjang Kayu

Saat perjalanan menuju Pos Sekat TSM yang berjarak kurang lebih satu jam, sesampai di Pos yang dipimpin Sertu Juanda Manurung ini, Jendral Polisi ini menyalami semua anggota Pos Sekat, sambil mengecek kondisi pos. Kapolda juga menyempatkan untuk tidur di ranjang yang terbuat dari kayu.

Tidak hanya itu saja yang dirasakan, naluri pasukannya juga mendorongnya untuk merasakan bagaimana anggotanya memasak, Rakhman Baso bangkit dan jongkok didepan tungku yang biasa digunakan untuk memasak, diambilnya potongan bambu sambil ditiupkannya ke bara api yang akan padam,

Jendral Polisi
Irjen Pol abdul Rakhman Baso, merasakan tidur di ranjang kayu. Foto satgas Ops Madago Raya / TRILOGI

Beri Motivasi Kepada Anggota Satgas Ops Madago Raya

Kasatgas Humas Ops Madago Raya Kombes Polisi Didik Supranoto membeberkan tidak ada libur bagi Kapolda Sulteng untuk terus memikirkan strategi dan upaya memberikan semangat kepada anggota yang ada di pos-pos yang telah dibentuk.

”Hari ini Kapolda Sulteng bersama beberapa pejabat operasi mendatangi tiga Pos di wilayah Tamanjeka Poso yang dikenal daerah rawan dan basis paham radikal di Poso, dengan menggunakan motor trail satu persatu pos dikunjunginya, selain untuk melakukan patroli sekaligus melihat dari dekat medan tugas anggota Satgas Madago Raya,” singkatnya.

  • Bagikan
error: Content is protected !!