IRWAN – SAMUEL UNGGUL DI PILBUP SIGI 2020

  • Whatsapp

Pasangan petahana Muhamad Irwan dan Samuel Yansen Pongi, memenangkan pemilihan Bupati dan wakil Bupati, Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah, melalui pilkada serentak, yang digelar Rabu 9 Desember 2020 kemarin, versi hitung cepat.

Rabu 9 Desember 2020 kemarin, Kabupaten Sigi menggelar Pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) untuk memilih pasangan calon (Paslon) Bupati dan wakil Bupati periode lima tahun ke depan.

Bacaan Lainnya

Penghitungan suara manual oleh KPU diawali pada tempat pemungutan suara (TPS). Perhitungan tersebut dilakukan oleh KPPS setelah pemilih selesai melakukan pencoblosan.

Hasil hitung tersebut selanjutnya akan dilaporkan ke tingkat PPS di KPUD untuk dilakukan rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara.

Hasil inilah yang nantinya akan menentukan pasangan mana yang unggul dan menjadi pemenang untuk duduk di kursi tertinggi di daerah ini.

Sementara itu, ada pula pihak lain yang melakukan hitungan, seperti pihak independen atau dari pasangan itu sendiri. Metode yang digunakan adalah hitung cepat / quick count ataupun real count dengan mengambil contoh hasil penghitungan surat suara di beberapa TPS.

Biasanya hasil persentase tidak jauh dengan hasil hitung manual KPU. Namun demikian hasil KPU-lah yang dianggap sah oleh KPU. Berikut ini hasil perolehan suara pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sigi :

Real Count KPU berdasarkan Hasil Hitung TPS (Form C1) .

  1. Mohamad Irwan, S.Sos., M.Si. dan Samuel Yansen Pongi Perolehan suara (56,35%)
  2. Drs. H. Husen Habibu, M.H.I. dan Paulina, S.E., M.Si. Perolehan suara (43,65%)

Pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Sigi, Muhammad Irwan-Samuel Yanse Pongi memastikan diri sebagai pemenang pada Pemilihan Kepala daerah (Pilkada) serentak 9 Desember 2020, berdasarkan hasil hitung cepat yang dilakukan dengan mengacu pada formulir C1 dari masing-masing saksi di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Berdasarkan data yang dirilis oleh tim pemenangan, Irwan-Samuel berhasil memperoleh suara sebesar 56,35%, sementara pasangan Husen-Paulina berada di angka 43,65%. Perolehan hasil ini diakui tidaklah berbeda jauh dari hasil survei yang telah dilakukan sebanyak 3 kali oleh lembaga survei SMRC.

“Perolehan hasil ini sudah kami prediksi berdasarkan beberapa kali survei oleh SMRC. Meski sebelumnya terjadi penurunan, namun tidak signifikan dan sesuai dengan hasil yang saat ini diperoleh,” ungkap Irwan dalam konferensi pers.

Meski menang telak dihitung cepat, Irwan mengimbau kepada seluruh pendukung dan simpatisan agar tetap tenang dan mendukung hasil resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Dia mengajak seluruh pendukung untuk saling merangkul kembali. Bahkan dirinya mengajak pasangan Husen-Paulina untuk saling membantu untuk membangun dan memajukan kabupaten Sigi.

“Mari kita lebih tenang, lebih arif melihat kemenangan, jangan saling mengganggu pasang lainnya. Saya mengimbau kepada seluruh pendukung dan simpatisan untuk lebih tenang, lebih merangkul kembali. Tidak ada yang saling menyakitkan, sebagai kandidat ingin membangun kebersamaan, bapak Husen dan ibu Paulina mari kita bersama membangun Sigi,” imbuhnya.

Pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran penyelenggara, baik KPU, Bawaslu dan TNI-POLRI yang telah melaksanakan seluruh tugasnya hingga proses pemilihan berlangsung
Siapapun yang terpilih itu adalah yang terbaik dan amanah Allah. Ini adalah kemenangan masyarakat Sigi. Jadi siapapun yang ditetapkan KPU, mari kita menghargai keputusan tersebut,” tegasnya.

Pos terkait