Sambut HKB, NasDem Palu Gelar Simulasi Bencana dan Pembagian Paket Sembako

  • Bagikan

Dalam rangka membangun kesiapsiagaan menghadapi bencana sekaligus memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) Tahun 2021. DPD Partai Nasional Demokrat (NasDem) Kota Palu, menggelar pelatihan sekaligus pembagian sembako bagi penyintas bencana Gempa dan Tsunami di shelter pengungsian Kelurahan Lere, Kecamatan Ulujadi, Senin 26 April 2021.

Selain menggelar simulasi bencana bagi penyintas, kegiatan itu juga turut dirangkaikan dengan pembagian sembako melalui program Gema Ramadhan sesi ke-7 di shelter pengungsian oleh para kader dan pengurus NasDem Kota Palu.

Sambut HKB, NasDem Kota Palu Gelar Simulasi Bencana dan Pembagian Paket Sembako
DPD NasDem Kota Palu gelar simulasi kebencanaan di shelter pengungsian di Kelurahan Lere, sekaligus pembagian sembako melalui program Gema Ramadhan sesi ke-7. Foto DPD NasDem Kota Palu.

Berdasarkan informasi tertulis yang dibagikan kepada sejumlah jurnalis di Palu, kegiatan itu di pimpin oleh Plt Ketua DPD Partai NasDem Kota Palu, Yahdi Basma, yang didampingi oleh Ketua Badan Rescue Partai NasDem Kota Palu itu, sekaligus ditandai dengan bunyi sirene.

“Harapan saya, tentu ke depannya Early Warning System (EWS) atau Peringatan Dini tentu bisa jauh lebih baik lagi dari yang kita miliki saat bencana 2018 melanda. Sebagaimana di negara maju, Peringatan Dini tersebut mampu meminimalisir jumlah korban jiwa.” kata Yahdi dalam sambutannya dihadapan para penyintas.

Sambut HKB, NasDem Kota Palu Gelar Simulasi Bencana dan Pembagian Paket Sembako
Foto DPD NasDem Kota Palu.

Dia mengemukakan, pertanda “bahaya” kelak dapat disampaikan bukan hanya melalui bunyi sirene saja.

“Ketika bencana terjadi, bunyi kentungan, tiang listrik maupun panci juga bisa dipakai sebagai tanda bahaya bencana” Tekanya.

Pada kegiatan itu, sejumlah penyintas yang mendiami shelter pengungsian yang dibangun oleh Mercy dari Negara Malaysia itu, menyambut baik atas langkah yang sudah dilakukan oleh para pengurus dan kader partai NasDem.

Menurutnya selain dilatih dalam kesiapsiagaan menghadapi bencana, perwakilan penyintas di Kelurahan Lere itu juga mengeluhkan soal kebutuhan dasar mereka yakni keterbatasan air bersih.

“Kalau bisa kami juga diberikan bantuan air bersih. Saat ini air bersih hanya dialirkan melalui selang ke Mushalla. Sedang kami yang ditenda ini, airnya berwarna cokelat susu. Kulit sudah gatal semua. Bayi saya pun begitu.” keluh Suanta, warga RT 01 RW 003 yang menghuni Huntara Mercy Malaysia.

Melalui kegiatan itu, Saunta bersama penyintas lainya berharap agar keluhan mereka soal ketersediaan air bersih dapat di akomodir.

Hasil informasi pada kegiatan itu juga, terdapat Lebih dari 150 KK di Huntara Lere juga menjadi penerima Paket Sembako NasDem Peduli hari ini.

Dilaporkan selanjutnya, sesi-8 Gema Ramadhan DPD Partai NasDem Kota Palu akan dilanjutkan sore ini di Kecamatan Ulujadi & menyasar sejumlah Huntara di Kel. Donggalakodi.

Rilis : Ista Nur Masyithah
Wakil Ketua Bidang Media & Komunikasi
DPD Partai NasDem Kota Palu
Ketua Panitia Gema Ramadhan DPD Partai NasDem Kota Palu 1442 H

Editor : Wahyudi

  • Bagikan
error: Content is protected !!