Follow TRILOGI untuk mendapatkan informasi terbaru. Klik untuk follow WhatsApp Chanel & Google News
Palu – BRM CPM salurkan sapi kurban sebanyak 34 ekor dalam rangka menyambut Idul Adha 1446 Hijriah.
Hewan kurban itu dibagikan kepada masyarakat di wilayah lingkar tambang PT Citra Palu Minerals (CPM), anak usaha PT Bumi Resources Minerals Tbk (BRM), sebagai bagian dari program sosial tahunan perusahaan.
Penyaluran dilakukan di tujuh kelurahan di Kecamatan Mantikulore, Kota Palu, yakni Kawatuna, Lasoani, Talise, Talise Valangguni, Tanamodindi, Layanan, dan Kelurahan Poboya, lokasi yang berada tepat di jantung wilayah tambang CPM.
Inisiatif ini tak hanya menjadi bentuk kepedulian perusahaan, tetapi juga sarana memperkuat hubungan sosial dengan masyarakat sekitar.
General Manager External Affairs & Security PT CPM, Amran Amier, mengatakan penyaluran tahun ini mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya.
“Tahun ini kami menyalurkan 34 ekor sapi, meningkat dari 18 ekor pada tahun lalu. Penyaluran kurban ini akan kami tetapkan sebagai program rutin tahunan, dengan tujuan utama membantu masyarakat dan memperkuat kontribusi sosial perusahaan,” kata Amran, melalui siaran pers yang di terima Trilogi Kamis 5 Juni 2025.
Kegiatan ini dikawal langsung oleh tim CSR CPM dan melibatkan puluhan relawan dari warga setempat.
Di sejumlah titik distribusi, antusiasme warga terlihat tinggi, bahkan beberapa tokoh lokal turut membantu proses pembagian daging kurban ke rumah-rumah penerima.
Supervisor PPP-CSR PT CPM, Zulkifli Salingkat, menyebut partisipasi warga dalam program ini menjadi nilai lebih yang memperlihatkan kekuatan sinergi antara perusahaan dan komunitas.
“Kami sangat bersyukur atas antusiasme warga yang menjadi relawan dalam pendistribusian kurban. Ini adalah bukti nyata semangat gotong royong dan sinergi yang kuat antara CPM dan masyarakat,” ujar Zulkifli.
Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, kali ini CPM membeli sebagian besar sapi kurban langsung dari peternak lokal.
Strategi itu dipilih untuk memastikan dampak ekonomi terasa nyata, terutama di kalangan pelaku usaha kecil di sektor peternakan.
“Kami ingin program kurban ini tak hanya bermakna secara spiritual, tapi juga memberikan dampak ekonomi yang nyata. Dengan membeli dari peternak lokal, kami ikut mendorong perputaran ekonomi dan penguatan sektor peternakan masyarakat,” kata Zulkifli.
BRM CPM salurkan sapi kurban bukan sekadar kegiatan seremonial.
Di balik distribusi daging, tersimpan strategi sosial perusahaan yang menargetkan tiga hal: kesejahteraan warga, kelangsungan relasi sosial yang harmonis, dan dukungan terhadap ekonomi lokal.
Di Kurban di Kelurahan Poboya, misalnya, kurban tak hanya membawa berkah ke meja makan, tapi juga menyentuh aspek penguatan kemandirian warga.
Sebagai salah satu perusahaan tambang dengan izin operasi di Sulawesi Tengah, BRM dan CPM memosisikan program kurban tahunan ini sebagai wujud implementasi nilai kemanusiaan dalam praktik bisnis.
Selain memenuhi kewajiban sosial, mereka juga mengukuhkan kehadiran perusahaan sebagai mitra jangka panjang bagi masyarakat lingkar tambang.