APARAT BERSENJATA JAGA GEREJA di POSO

  • Bagikan

Kabupaten Poso dipercayakan untuk menjadi tuan rumah dalam perayaan paskah nasional. Perayaan kebangkitan Yesus Kristus tingkat nasional tersebut rencanannya akan digelar selama empat hari dengan berbagai rangkaian kegiatan yang telah dijadwalkan oleh panitia.

Menyikapi hal tersebut, Polres Poso sebagai pihak keamanan melaksanakan apel persiapan pengamanan yang dipimpin Wakapolres Poso, Kompol Gede Suara, Kamis lalu.

Dalam arahannya, Wakapolres menyampaikan kegiatan yang berskala nasional ini harus mendapat keamanan dari kepolisian, agar setiap tahapan dalam kegiatan tersebut dapat berjalan aman dan lancar. Salah satu bagian dari pengamanan itu adalah menempatkan aparat atau personil bersenjata di gereja yang ada di Poso.

Wakapolres juga meminta, dalam pengamanan paskah nasional tersebut masyarakat harus tetap saling bertoleransi antar sesama agama. ”Karena mengingat rekan kita yang beragama muslim juga melaksanakan ibadah puasa, jadi diharapkan agar rekan yang tidak melaksanakan ibadah puasa agar saling bertoleransi dan menghormati,” katanya.

Sementara, Kabag Ops AKP Anton Mohammad menyampaikan, kepada seluruh personil pengamanan secara teknis pengamanan kegiatan paskah nasional tersebut dilakukan di beberapa tempat berbeda.

Dirinya menegaskan, dalam pelaksanaannya akan dilakukan pengawalan rombongan VIP, pengamanan Rujab Bupati, pengamanan gereja serta pengamanan pawai yang merupakan acara puncak paskah nasional tersebut.

“Kami juga akan melibatkan personil TNI dalam melaksanakan pengamanan, disamping itu seluruh rangkaian kegiatan akan mendapat pengamanan sehingga kegiatan nasional tersebut dapat berjalan aman dan lancar,” tegas Kabag Ops.

Kabag Ops juga meminta kepada seluruh personil pengamanan, agar menjaga kesehatan dan stamina sehingga dalam pelaksanaan pengamanan dapat optimal.
Apel pengamanan itu, dihadiri oleh Danyon B Pelopor Kompol Glen Roymole, Kabag Sumda Kompol Feky A. Waloni, Kabag Ops AKP Anton Mohammad, serta para Kasat, Kapolsek, para perwira dan bintara Polres Poso.

WAKAPOLDA SULTENG CEK KESIAPAN PENGAMANAN PASKAH NASIONAL
Wakapolda Sulawesi Tengah, Kombes Pol Drs Setyo Boedi Moempoeni Harso mengecek langsung kesiapan dan persiapan pengamanan paskah nasional di Kabupaten Poso.

Wakapolda tiba di Kabupaten Poso, Kamis (9/5/2019) disambut oleh Kapolres Poso, AKBP Bogiek Sugiyarto di Mako Polres Poso. Kedatangan Wakapolda merupakan hal yang lumrah, karena mengingat kegiatan yang berskala nasional tersebut harus betul-betul dijaga oleh kepolisian khususnya Polres Poso.

Disamping itu, mengingat wilayah Kabupaten Poso merupakan basis dari kelompok bersenjata pimpinan Ali Kalora yang saat ini masih dicari oleh pihak keamanan yang kemungkinan akan mengganggu jalannya kegiatan Paskah Nasional tersebut.

Tetapi dalam hal ini, Polri tetap akan menjamin keamanan dan kelancaran kegiatan tersebut. Rencananya, Wakapolda masih akan berada di wilayah Kabupaten Poso dalam beberapa hari kedepan untuk memantau jalannya paskah nasional tersebut.

Penulis : Wahyudi / trilogi.co.id

  • Bagikan
error: Content is protected !!