RAIH 77.376 SUARA, KPU TETAPKAN PASLON IRWAN – SAMUEL MENANG DI PILKADA SIGI

  • Bagikan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah menetapkan pasangan calon nomor urut 01, Muhamad Irwan – Samuel Y Pongi meraih suara terbanyak di Pilkada Sigi tahun 2020.

Penetapan itu disampaikan KPU Sigi pada Kamis malam 17 Desember 2020 saat menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil perhitungan suara pemilihan Gubernur, Wakil Gubernur Sulteng serta rekapitulasi penetapan hasil perhitungan suara pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sigi.

Foto dokumentasi Sang Pengabdi tim paslon 01.

Paslon 01 Mohamad Irwan, S.Sos., M.Si. – Dr. Samuel Yansen Pongi, S.E., M.Si meraih suara terbanyak yakni 77.376 suara atau sebesar 55.6 persen.

Sementara paslon 02 Drs. H. Husen Habibu, M.H.I – Paulina, S.E., M.Si. meraih suara sebanyak 61.786 suara atau 44.4 persen.

Foto dokumentasi HP tim paslon 02.

Sementara total jumlah suara sah hasil pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sigi pada pemilihan serentak tahun 2020 sebanyak 139.162 suara.

Usai menetapkan hasil rapat pleno, Ketua KPU Sigi, Hairil bersama anggota Komisioner KPU Sigi lainnya menandatangani berita acara penetapan hasil perhitungan suara Pilkada.

Hairil menyampaikan pelaksanaan rekapitulasi penghitungan suara disaksikan oleh para saksi Paslon serta diawasi oleh Badan pengawas pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sigi.

Selain itu, kata Hairil, pelaksanaan rekapitulasi perhitungan suara telah dilakukan penjumlahan data-data dari seluruh di 15 kecamatan yang tersebar di Kabupaten Sigi dan tertuang dalam dokumen model D.

Hasil Kecamatan-KWK dan dituangkan dalam model D. Hasil Kabupaten/Kota-KWK sebagaimana yang telah diatur dalam juknis KPU.

Sebelumnya paslon 01 Mohamad Irwan, S.Sos., M.Si. – Dr. Samuel Yansen Pongi, S.E., M.Si, mengajak Paslon 02 Husen Habibu-Paulina untuk kembali bersama pasca Pilkada Sigi 2020, untuk membangun Kabupaten Sigi, yang lebih baik kedepan.

Pernyataan Mohamad Irwan tersebut, di sampaikan di hadapan para media satu pekan lalu, yang di hadiri oleh sejumlah pimpinan partai koalisi yang mengusung Paslon 01.

“Pelaksanaan Pilkada telah usai dan mari kita kembali pada titik yang sama. Saya mengajak bapak Husen Habibu dan Ibu Paulina untuk membangun nilai-nilai kebersamaan dalam membangun daerah ini,” ajak Moh Irwan.

Demikian pula partai pengusung dan pendukung Husen-Paulina, untuk bersama membangun daerah ini sehingga tidak ada perpecahan.

Menurutnya, Paslon Mohamad Irwan-Samuel Yansen Pongi akan selalu membuka diri dan bersama untuk mendiskusikan hal hal yang perlu dilakukan kedepan untuk kepentingan masyarakat.

“Visi dan misi Husen Habibu-Paulina kita akan rangkul untuk dijadikan suatu kekuatan bersama, yang memiliki nilai dalam membangun daerah ini,” terangnya.

Pertemuan yang juga di hadiri sejumlah tokoh seperti, Nurzain Djaelangkara tokoh pemekaran Kabupaten Sigi, Moh Rizal Intjenae ketua DPRD Sigi, Budi Luhur Larengi, Hj. Warda Aswadin Randalembah dan sejumlah tokoh lainnya.

  • Bagikan
error: Content is protected !!