BUPATI IRWAN AJAK MASYARAKAT BINANGGA, AMALKAN ROTIB AL-HADDAD

  • Whatsapp

Pemerintah Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah, terus memaksimalkan pembinaan umat di daerah melalui program Sigi religi. Kamis malam 6 Agustus 2020, Bupati Sigi Mohamad Irwan di dampingi oleh Habib Hasan Bin Idrus Alhabsy, mengikuti dzikir bersama dengan masyarakat bertempat di Mesjid Al-Awwabin, desa Binangga, Kecamatan Marawola.

Bupati Sigi, Mohamad Irwan.

Dzikir yang dihadiri sejumlah tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh perempuan, tokoh pemuda serta masyarakat desa Binangga, berlangsung khidmat.

Bacaan Lainnya

Dzikir dan silaturahmi Pemerintah Kabupaten Sigi digelar dengan tema launching Gema Rotib Al-Haddad sekaligus dirangkaikan dengan penandatanganan prasasti secara simbolis atas dibangunya gedung baru Madrasah yang berlokasi di desa Binangga.

“Untuk Sigi religi saya telah membuat surat edaran kepada seluruh imam masjid di Sigi untuk membaca ‘ratibul haddad’ setiap selesai shalat magrib dan isyah,” kata Bupati Sigi Mohammad Irwan Lapatta.

Dia mengatakan Pemkab Sigi bertanggungjawab penuh terhadap program Sigi religi, yang salah satu tujuannya untuk pembinaan masyarakat/umat dari aspek agama.

Olehnya, kata dia, dirinya mengeluarkan edaran kepada tokoh agama termasuk imam masjid bagi kalangan muslim, untuk membaca “ratibul haddad” setiap selesai shalat magrib dan isya.

“Edaran ini tembusannya kepada seluruh kepala desa dan camat, untuk melaksanakan pembacaan ‘ratibul haddad’, tidak hanya menjadi sebuah hal-hal yang khusus tetapi pembacaan ini sudah menjadi sebuah budaya, niat, serta sebuah spontanitas dalam kehidupan,” ujarnya.

Harapannya, kata dia, dengan pembacaan ratib Al-Hadad ini di seluruh pelosok Kabupaten Sigi selesai shalat magrib maupun isya dapat mengantar setiap individu muslim menjalankan perintah agama dengan baik, sehingga Sigi dijauhkan dari segala bentuk bencana.

“Semoga dengan ini menjauhkan daerah ini dari segala bala, serta selalu mendapatkan perlindungan dari Allah SWT,” kata dia.

Bupati juga meminta kepada camat dan kepala desa, agar mengkoordinir kegiatan ini di setiap masjid di tingkat desa, dengan melibatkan generasi muda. Dirinya berharap kegiatan ini menjadikan setiap diri masyarakat menjadi lebih baik dan tidak mudah terprovokasi oleh informasi yang dapat menimbulkan perpecahan.

Penulis : Wahyudi

Pos terkait