Seperti Ini Cara Export Porang ke Luar Negeri dan Budidayanya

  • Bagikan
Cara Export Porang ke Luar Negeri
Panen Porang. Dok Foto Ist.

Cara Export Porang ke Luar Negeri menjadi salah satu hal yang perlu diketahui oleh banyak orang. Apalagi potensi pasarnya juga cukup menjanjikan. Ada banyak orang sudah mulai melebarkan pemasaran porang yang dapat dijual ke luar negeri.

Jika dibayangkan, rasanya Cara Export Porang ke Luar Negeri merupakan hal yang sulit untuk dilakukan. Mengingat pengiriman barang ke luar negeri perlu melewati perbatasan dua negara yang tentunya memiliki aturan dan ketentuan khusus.

Untuk export porang ke luar negeri dengan secara legal, pengirim memerlukan banyak persyaratan yang harus dipenuhi. Salah satunya adalah kelengkapan surat atas barang yang akan dikirim. Untungnya, saat ini hal tersebut tidak perlu dipikirkan secara terlalu. Hal ini karena export Porang ke Luar Negeri dapat dilakukan dengan lebih mudah.

Dampak dari adanya berkembangnya ilmu teknologi, membuat pengiriman barang ke luar negeri lebih sederhana dan mudah untuk dilakukan. Kemudahan ini ditimbulkan akibat adanya transportasi yang dapat menempuh jarak dua negara dengan lebih cepat dan mudah.

Akan tetapi, untuk mempraktikkan cara export Porang ke luar negeri masih dirasa sulit oleh masyarakat, terutama bagian masyarakat yang tidak pernah mengirim barang ke luar negeri. Oleh karena itu, kali ini Trilogi.co.id akan memberikan informasi mengenai cara Export Porang ke Luar Negeri dengan mudah dan cepat.

Untuk cara export Porang ke Luar Negeri dengan mudah dan cepat ada sesuatu yang perlu Anda korbankan, yaitu ongkos kirim yang tergolong besar. Mengirim barang ke luar negeri tentunya membutuhkan waktu yang lama. Akan tetapi, saat ini hadir beberapa ekspedisi yang menjanjikan pengiriman ke luar negeri dengan cepat.

Cara Export Porang ke Luar Negeri dengan Jasa Ekspedisi

1. Siapkan barang yang akan dikirim, yaitu dengan mengemas barang seaman mungkin.
2. Tulis alamat dan nama penerima dengan baik dan sejelas mungkin agar paket tidak dikirim pada alamat yang salah.
3. Perhatikan volume dan berat barang yang akan dikirim.
4. Cari informasi terkait ekspedisi yang bisa mengirim barang ke luar negeri.
5. Periksa ongkos kirim masing-masing ekspedisi sehingga Anda dapat menentukan ekspedisi terbaik untuk mengirim barang anda.
6. Datangi ekspedisi yang telah dipilih untuk mengirim paket anda ke luar negeri.
7. Serahkan barang yang akan dikirim.
8. Lengkapi persyaratan dan pembayaran yang diajukan oleh pihak ekspedisi pengiriman.
9. Minta nomor resi pengiriman untuk mengecek dan melacak keberadaan paket yang dikirim.
10. Tunggu paket Anda sampai ke tempat tujuan pengiriman.

Ketentuan Mengirim Barang ke Luar Negeri

Mengirim barang ke luar negeri memang tidak sesederhana mengirim barang dalam ruang lingkup lokal atau di dalam negeri. Hal ini karena dalam pengiriman ke luar negeri terdapat ketentuan khusus yang harus pengirim patuhi.

Ketentuan untuk Mengirim Barang ke Luar Negeri

1. Barang yang akan dikirim ke luar negeri harus barang legal dan tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku dikedua negara.
2. Sebagai bentuk keamanan dan transparansi, pengirim wajib menuliskan nama barang yang dikirim dengan benar dan jujur.
3. Paket dikemas seaman mungkin untuk menghindari kerusakan saat proses pengiriman.
4. Ketentuan lain tergantung dengan ekspedisi, negara tujuan, dan negara asal pengiriman.

Jalur Tercepat untuk Mengirim Barang ke Luar Negeri

Secara umum, untuk mengirim barang ke luar negeri dapat menggunakan dua jalur. Berikut ini dua jalur yang dapat digunakan untuk mengirim paket ke luar negeri.

Jalur Udara

Jalur udara adalah jalur pengiriman ke luar negeri yang dalam proses pengirimannya menggunakan pesawat sebagai moda transportasi pengangkutan. Dengan menggunakan jalur udara, paket yang Anda kirim dapat sampai ke tempat tujuan dengan lebih cepat.

Hal ini karena pengiriman barang menggunakan pesawat tidak memerlukan batas pengiriman minimal sehingga Anda dapat mengirim barang yang memiliki berat kurang dari satu kilogram. Dengan jaminan kecepatan yang lebih, Anda juga perlu dan harus mengelurkan dana lebih untuk mengirimkan paket Anda.

Hal ini tetap patut Anda coba jika dalam keadaan terburu-buru sehingga paket yang Anda kirim harus segera sampai.

Jalur Laut

Selain jalur udara, Anda juga dapat menggunakan jalur laut untuk mengirim barang ke luar negeri. Dengan menggunakan jalur laut maka barang Anda akan dikirimkan dengan menggunakan kapal.
Jalur laut akan membutuhkan waktu lebih banyak untuk mengirimkan paket Anda. Hal ini karena kapal memiliki batas minimal untuk mengirim paket sehingga biasanya proses pengiriman akan lebih lama karena kapal menunggu muatan yang dibawanya penuh.

Hal ini karena pengiriman yang menggunakan jalur laut akan dikirim menggunakan media container dalam kapal cargo. Jika barang yang Anda kirim tidak harus sampai dengan waktu yang cepat, mungkin Anda dapat menggunakan jalur laut karena harga yang ditawarkan sangat terjangkau.

Budidaya Porang

Pernah dianggap sebagai tanaman liar, porang kini menjadi komoditas ekspor yang sangat menjanjikan. Tanaman sejenis umbi-umbian ini memang mulai populer. Tak heran, budidaya porang juga semakin ditingkatkan, demi menjaga keberlangsungan hidupnya.

Selain itu, juga agar selalu bisa memenuhi permintaan pasar yang semakin meningkat. Tapi, apakah Anda tahu apa itu porang?

Sebagai tanaman liar, porang biasanya bisa ditemui dan tumbuh di pekarangan rumah atau di sela-sela pohon hutan. Porang yang termasuk spesies Amorphophallus muelleri ini, kini menjadi tanaman yang mulai dikembangkan secara luas.

Hal ini karena porang dianggap sebagai tanaman yang memiliki nilai ekonomis tinggi. Saat ini, porang sudah dibudidayakan di daerah Sumatera Utara, Jawa Tengah, Flores, Kalimantan hingga sulawesi. Dengan nilai ekspor yang semakin tinggi setiap tahunnya.

Pada dasarnya, porang bisa dimanfaatkan untuk dijadikan tepung. Tepung ini nantinya akan digunakan sebagai bahan baku dalam industri bahan campuran makanan, kosmetik, mie ramen, lem, dan bahan pengental.

Ada beberapa negara yang menjadi tujuan ekspor dari komoditas porang. Berikut informasi negara tujuan ekspor porang dari wilayah Sumatera Utara, Jawa Tengah, dan Flores.
Ekspor Porang dari Sumatera Utara

Awalnya, porang banyak tumbuh secara liar di kawasan hutan di daerah Tapanuli Tengah dan Sibolga. Kini porang sudah menjadi komoditas ekspor unggulan yang secara khusus berasal dari Sumatera Utara.
Adanya peningkatan volume dalam giat ekspor porang di Sumatera Utara, merupakan hasil dari kerjasama yang sinergis di antara pihak-pihak terkait. Selain itu juga karena kualitas porang Sumatera Utara sangat unggul, sehingga menarik pasar yang semakin besar. Negara tujuan ekspor porang dari Sumatera Utara, meliputi:

• Tiongkok
• Thailand
• Vietnam

Eksport Porang dari Jawa Tengah

Sejak tahun 2019, ekspor porang dari Jawa Tengah mengalami kenaikan yang sangat pesat. Sehingga, untuk memenuhi permintaan pasar, porang sudah mulai dibudidayakan di beberapa kabupaten yang tersebar di seluruh Jawa Tengah.

Seperti di kabupaten Blora, di mana hutan dengan luas 12.000 hektar dijadikan sentra kawasan porang. Negara tujuan ekspor porang dari Jawa Tengah, meliputi:

• Jepang
• Thailand
• Tiongkok
• Taiwan
• Korea
• Vietnam
• Australia

Ekspor Porang dari Flores

Meskipun tidak langsung diekspor dari Flores, komoditas porang dari daerah ini merupakan penyumbang nilai ekspor yang cukup tinggi.

Porang dari flores, biasanya akan dikirim ke Makassar atau Surabaya terlebih dulu. Lalu kemudian akan diekspor ke negara lain, sudah dalam bentuk irisan atau tepung. Negara tujuan ekspor porang yang berasal dari Flores, meliputi:

• China
• Vietnam
• Thailand

Daerah yang Mulai Membudidayakan Porang di Indonesia

Berkaca pada semakin tingginya permintaan akan porang keluar negeri, banyak daerah kini mulai membudidayakan porang. Targetnya, tentu saja untuk bisa memenuhi pasar ekspor porang yang sudah sukses di wilayah Sumatera Utara, Jawa Tengah, dan Flores.

Sebagai salah satu jenis tanaman tropis, porang bisa ditanam di hampir semua daerah di Indonesia. Hal ini akhirnya menjadi alasan bagi daerah-daerah lain untuk ikut mengembangkan budidaya porang.
Daerah tersebut, antara lain kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan dan kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Selain itu, wilayah Jawa Timur juga diketahui mulai membudidayakan porang.

  • Bagikan
error: Content is protected !!