KABAR SULAWESI TENGAH

LABUAN DONGGULU REALISASIKAN DD TAHAP III 2018

PARIMOUT – Seiring adanya pencairan Dana Desa (DD) tahap III Tahun 2018, Pemerintah Desa Labuan Donggulu, Kecamatan Kasimbar, Kabupaten Parigi Moutong, merealisasikan penggunaan DD tahap III dengan membangun kantor Balai Desa dan jembatan.

Dari data yang diperoleh trilogi.co.id menyebutkan, Pemerintah Desa Labuan Donggulu kali ini tengah membangun lanjutan kantor Balai Desa, jembatan dan pembuatan dapur Puskesdes dengan total biaya sebesar Rp249.227.000.

Kemeja Putih Kades Labuan Donggulu, Marsuki Kasim, bersama warga tengah bekerja.

“Untuk Tahun 2018 hampir semua pekerjaan fisik terlambat dikerjakan, hal ini disebabkan adanya pengaruh  bencana yang terjadi di Palu, Sigi, Donggala yang berdampak juga ke Desa Labuan Donggulu serta keterlambatan pencairan Anggaran. Tapi hingga saat ini, pembangunan masih berjalan,” kata Kepala Desa Labuan Donggulu, Marsuki Kasim, kepada trilogi.co.id belum lama ini.

Lanjut Marsuki Kasim, total anggaran fisik yang digunakan di tahap ketiga untuk penggunaan DD tahun 2018 lalu sebesar Rp249.227.000, yang terbagi dalam tiga kegiatan pembangunan. “Kalau dilihat dari besaran anggaran memang kurang begitu mencukupi.Namun, karena ada partisipasi masyarakat pembangunan pasti selesai,”ujarnya.

Menurut Marsuki Kasim, proses pembangunan pun dilakukan dengan memperhatikan beberapa tahapan seperti skala prioritas berdasarkan musyawarah tingkat kedusunan sampai tingkat desa. “Tentu hal ini harus benar-benar diperhatikan dimana dengan tahapan tersebut proses pembangunan akan berjalan aman dan lancar sesuai target. Tidak ada lagi bahasa pro dan kontra yang menyebabkan kecurigaan di masyarakat,”cetusnya.

DESA SIAGA BANGUN JALAN RABAT BETON DARI DD TAHAP III

DD TAHAP II, KADES BOYANTONGO FOKUS PEMBERDAYAAN DAN PEMBANGUNAN FISIK

Ditanya mengenai kegunaan dari pembangunan yang dilaksanakan? Marsuki Kasim menjawab, suluruh pembangunan dinilai sangat penting seperti gedung Balai Desa, Jembatan dan penambahan dapur Poskesdes yang nantinaya juga akan terintegrasi dengan yang lainya sebagai investasi masa depan.”Sedangkan jalan dan jembatan sangat penting untuk pertumbuhan ekonomi masyarakat,” tuturnya.

Marsuki Kasim mengulas, untuk pembangunan jembatan yang dibangun di Dusun I tersebut sebelumnya membuat masyarakat sedikit khawatir melintasinya ketika musim penghujan tiba. Dengan anggaran tahap III yang dibiayai DD tahun 2018, Pemerintah Desa Labuan Donggulu berinisiatif untuk membangunya dengan nilai sebesar Rp.97.515.000.

Sementara itu, untuk pembangunan kantor Balai Desa, Pemerintah Desa Labuan Donggulu menyediakan anggaran DD tahap III tahun 2018 sebesar Rp140.712.000. Kemudian penambahan pembangunan dapur Poskesdes di Dusun I, juga dianggarkan sebesar Rp11.000.000.

Marsuki Kasim berharap, kepada masyarakat untuk merawat fasilitas yang telah dibangun oleh Pemerintah Desa, hal ini tentunya akan menjadi desa yang maju dan Mandiri. “Kepada masyarakat rawatlah pembangunan tersebut dengan baik karena sayang biayanya cukup tinggi apabila tidak dipelihara bersama,” pintanya.

Penulis : Ditha

Editor    : Wahyudi

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

Koran Trilogi - Berdiri diatas dan untuk semua golongan, serta non-partisan. Trilogi.co.id tidak bekerja untuk kepentingan politik mana pun. WWW.TRILOGI.CO.ID

Facebook

Copyright © 2019 Trilogi.co.id All Right ReservedThemetf

To Top