KABAR SULAWESI TENGAH

DESA PENINGKA PILIH DD UNTUK PENGADAAN TERNAK

Parimout – Beberapa desa di Kabupaten Parigi Moutong saat ini tak lagi menggunakan dana desa untuk pembangunan fisik. Pihak desa lebih memilih pemberdayaan masyarakat melalui pembagian bibit ternak kambing dan diserahkan ke warga untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.

Hal ini seperti yang disampaikan oleh Kepala Desa Peningka, Kecamatan Kasimbar, Usran T, kepada trilogi.co.id, kemarin.

Kades Peningka, Kecamatan Kasimbar, Usran T.

Dia mengatakan, Desa di wilayah Peningka yang dipimpinnya kini, masyarakat lebih memilih menggunakan angaran Dana Desa (DD), tahap III TA 2018 ke sektor Peternakan.

“Kalau disini, masyarakat lebih memilih pelihara ternak dan berkebun ketimbang membangun jalan. Sebab mereka berfikir ini berdampak lansung pada ekonomi,” kata Usran T, ketika ditemui disela-sela kesibukanya kemarin..

Dia menyebutkan, DD tahap III TA 2018, selain diperuntukan untuk pembangunan dan pemeliharaan drainase sepanjang 263 meter yang berlokasi di dusun IV (Empat) desa Peningka ini dengan nilai anggaran yang digunakan dalam kegiatan ini sebesar Rp.107. 207.000, pembagian bibit kambing ini juga diberlakukan.

“Pengadaan Bibit Kambing sebanyak 40 Ekor yang terdiri 35 Betina dan Pejantan  5 Ekor. pengadaan Bibit Kambing dan diperuntukan bagi masyarakat yang kurang mampu. Hal ini dilakukan oleh Pemerintah terutama Pemerintah Desa Peningka untuk membantu kehidupan kehidupan Masyarakat disini,” jelasnya.

Selaku Kades, Usran T sangat Optimistis dengan program tersebut dapat menunjang ekonomi masyarakat. Sebab cukup praktis dan sederhana cara pengelolaanya.

“Selain ini sederhana pengelolaannya, saya sangat optimis masyarakat bisa jawab ekonomi melalui DD ini. Sebab saat ini saja sudah banyak kambing yang berkembang biak, jadi sudah banyak yang bertambah,” Sambungnya.

Dia berharap agar, elemen masayarakat di desa Peningka ini dalam melakukan ternak ini, untuk menjaga dan merawatnya. Hal ini agar apa yang sedang dilakukan pemerintah desa kepada  masyarakat bisa tetap berjalan lancer dan bisa meningkatkan ekonomi masayarakat.

“Selaku Kades, saya menginginkan agar bantuan yang diberikan dapat dipelihara dan di kembangkan dengan baik,” harapnya.

Penuli : Ditha B Pasiak
Edito   : Wahyudi / Trilogi.co.id

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

Koran Trilogi - Berdiri diatas dan untuk semua golongan, serta non-partisan. Trilogi.co.id tidak bekerja untuk kepentingan politik mana pun. WWW.TRILOGI.CO.ID

Facebook

Copyright © 2019 Trilogi.co.id All Right ReservedThemetf

To Top